Menurut Survei NSN, Elektabilitas PDIP Terpuruk ke Peringkat Kedua Diungguli oleh Gerindra

by -48 Views

Jakarta – Lembaga survei Nusantara Strategic Network (NSN) mencatat bahwa Partai Gerindra dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengalami peningkatan elektabilitas yang signifikan pada bulan Desember 2023.

“Dalam survei elektabilitas versi NSN, Gerindra meraih elektabilitas tertinggi pada bulan Desember 2023 dengan 18,8 persen, sedangkan PDI Perjuangan turun ke peringkat kedua dengan elektabilitas sebesar 16,3 persen,” kata Direktur Program NSN Huslidar Riandi dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Selain Gerindra, partai lain yang juga mengalami peningkatan elektabilitas adalah PSI. Pada bulan Oktober 2023, elektabilitas PSI hanya sebesar 4,2 persen, namun naik menjadi 5,4 persen pada bulan November 2023, dan saat ini mencapai 6,1 persen.

Menurut Riandi, pudarnya pamor PDI Perjuangan terkait erat dengan perbedaan sikap antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam menyikapi gelaran Pilpres 2024.

Namun, partai-partai lain cenderung masih stabil, di antaranya Golkar yang masih menduduki posisi tiga besar dengan elektabilitas 8,8 persen, diikuti oleh PKB (7,4 persen), Demokrat (7,2 persen), dan PKS (4,4 persen).

Survei NSN dilakukan secara tatap muka kepada 1.200 responden mewakili seluruh provinsi di Indonesia pada tanggal 23-27 Desember 2023, dengan metode survei multistage random sampling, margin of error sekitar 2,9 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.