Media Internasional Kritik Kemacetan Parah dan Parkir Yang Buruk di Bali, Jalanan Sempit Mendapat Sorotan

by -27 Views

Kemacetan yang terjadi di Bali menjelang pergantian tahun 2023/2024 akibat membludaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali bukan hanya menjadi perhatian nasional. Kemacetan di Pulau Dewata yang merupakan salah satu destinasi wisata populer dunia ini juga menjadi sorotan media asing.

New York Post menurunkan artikel berjudul ‘Bali Residents predict Fat Boy Slim’s NYE concert will end in nightmare’. Dalam artikelnya, media yang berbasis di Amerika Serikat itu mengkhawatirkan perayaan tahun baru di Berawa, Kabupaten Badung, Bali akan berakhir dengan mimpi buruk.

Tulisan New York Pos yang dimuat pada Jumat, 29 Desember 2023 itu mengungkapkan kekhawatiran warga Berawa dalam konser DJ Fatboy Slim asal Inggris di sebuah klub pantai. Konser itu diperkirakan dihadiri oleh 20.000 pengunjung.

Akhir tahun 2023, lalu lintas di Bali banyak dikeluhkan oleh wisatawan. Lalu lintas macet total. Puncaknya terjadi pada Jumat, 29 Desember 2023 di seluruh jalur menuju dan keluar bandara Ngurah Rai.

PT Jasamarga Bali Tol menyebut, antrean kendaraan yang mulai terlihat pada Jumat, 29 Desember 2023 diperkirakan diakibatkan oleh pengguna jalan yang akan menuju Bandara Ngurah Rai. Kendaraan dengan total jumlah mencapai 73.000, merupakan yang tertinggi sejak tol beroperasi.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, tokoh oleh-oleh jadi salah satu sebab pemicu kemacetan. Pj Gubernur SM Mahendra Jaya mengungkapkan, berita yang viral di media sosial terkait kemacetan disebabkan oleh sejumlah faktor. Diperparah lagi, adanya penyempitan ruas di titik kemacetan karena persimpangan jalan Kuta Utara ke Selatan banyak destinasi wisata, hotel serta pemukiman padat penduduk.