Presiden Jokowi Berencana Menghapus Citra Preman setelah Meresmikan 4 Terminal Sebagai Langkah Awal di Jawa Tengah dan Jawa Timur

by -46 Views

Presiden Joko Widodo meresmikan 4 terminal sekaligus. Dimana 2 terminal berada di Provinsi Jawa Tengah dan 2 terminal lagi di Provinsi Jawa Timur. Yakni Terminal Purworejo, Terminal Mendolo, Terminal Purboyo, dan Terminal Patria, pada Selasa, 2 Januari 2024.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah, Terminal Purboyo di Kota Madiun, dan Terminal Patria di Kota Blitar,” kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara sempat melihat kondisi ke dalam terminal. Dulu, kata dia, terminal memiliki kesan yang buruk atau tidak bagus di mata masyarakat, terutama terkait keberadaan para preman di sana. Sehingga, Jokowi ingin mengubah citra yang negatif di mata masyarakat tersebut.

“Kalau dulu, terminal bus image-nya adalah preman. Ini sudah hilang, terminal bus adalah tempat pelayanan juga memberikan dukungan kepada peningkatan ekonomi UMKM. Harus semua terlibat di dalamnya,” ujarnya.

Maka dari itu, eks Gubernur Jakarta itu memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, agar melihat kondisi terminal di daerah-daerah lainnya juga untuk direvitalisasi.

“Saya minta Pak Menhub di kota lain juga dilihat agar terminal yang bagus tidak hanya di Purworejo saja, tidak hanya Wonosobo saja, Blitar, Madiun, agar semua kota di seluruh tanah air memiliki standar yang sama,” jelasnya.