Survei Indikator Usai Pilpres: Prabowo Subianto-Gibran Banyak Dipilih Perempuan dan Pemilih Non Muslim

by -93 Views

Jakarta – Temuan survei terbaru pasca-Pemilu 2024, Lembaga Indikator Politik Indonesia menyebutkan bahwa pemilih Prabowo-Gibran didominasi perempuan dan non-muslim.

“Basis pendukung ketiga calon, berdasarkan survei yang kita punya, dan tidak berbeda dengan exit poll yang kita rilis minggu lalu bahwa Prabowo-Gibran kuat di pemilih muda, dan ini relatif baru mereka kuat di kalangan pemilih perempuan yaitu sebesar 62,3 % yang sebelumnya kaum laki-laki lebih mendominasi,” peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi di akun YouTube Indikator Politik Indonesia, Rabu (28/2/2024).

Menurutnya, pemilih perempuan mulai muncul saat debat capres kedua. “Performa Prabowo di debat capres kedua banyak menarik simpati pemilih perempuan,” kata Burhanuddin.

Selain itu, pemilih Prabowo-Gibran juga berasal dari kalangan non-muslim dan warga NU. “Mereka mengaku banyak memilih Prabowo-Gibran yaitu non-muslim 58,4% dan NU 57%. Prabowo-Gibran juga mendapatkan dukungan dari berbagai segmen termasuk kalangan pendidikan tinggi sebesar 72,8%,” jelas Burhanuddin.

Sementara itu, peneliti utama Indikator Politik Indonesia lainnya Hendro Prasetyo juga mengungkapkan bahwa Prabowo-Gibran juga memiliki tingkat kesukaan paling tinggi. “Pak Prabowo mendapatkan tingkat kesukaan paling tinggi yaitu 83,2 % disusul Gibran 76%, kemudian Mahfud MD 73,3%, Anies 64,8%, Ganjar 63,3%, dan Muhaimin 62%,” kata Hendro.

Survei ini melibatkan target populasi WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Sampel dipilih melalui metode random digit dialing (RDD) atau pembangkitan nomor telepon secara acak dengan melibatkan 1.227 responden.

Margin of error survei adalah +- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Wawancara dengan responden dilakukan melalui telepon oleh pewawancara terlatih. Survei dilakukan pada 18-21 Februari 2024. (SENOPATI)

Source link