Survei Indikator: Pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Puas dengan Kinerja Jokowi

by -80 Views

Jakarta – Lembaga Indikator Politik Indonesia telah merilis hasil survei pasca-Pemilu 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa banyak pendukung dari pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka merasa puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sebanyak 76,6% masyarakat puas dengan kinerja Presiden Jokowi saat ini. Hasil ini didasarkan pada dukungan dari pasangan calon presiden dan wakil presiden, dan ternyata tidak jauh berbeda dengan hasil exit poll yang dirilis minggu lalu. Dari pemilih Prabowo-Gibran, sekitar 58% di antaranya merasa puas sebanyak 90,2% terhadap kinerja Jokowi sebagai presiden,” kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam akun YouTube Indikator Politik Indonesia, pada Rabu (28/2/2024).

Burhanuddin menjelaskan bahwa hasil ini memberikan gambaran yang optimis di tengah tekanan inflasi, terutama terkait kenaikan harga beras.

“Dari pemilih Ganjar-Mahfud sebanyak 16%, sebanyak 74,8% juga merasa puas dengan kinerja Jokowi. Sedangkan dari pemilih Anies-Muhaimin, mayoritas di antaranya, sebanyak 53,3%, merasa tidak puas. Ini menunjukkan bahwa posisi dukungan penting. Para pendukung Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran sama-sama puas dengan kinerja Jokowi. Hal ini juga menjelaskan mengapa elektabilitas Ganjar-Mahfud terpukul cukup keras dalam pemilu kemarin,” jelas Burhanuddin.

Survei ini ditujukan kepada warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Sampel dipilih secara acak dengan metode random digit dialing (RDD) sebanyak 1.227 responden.

Margin of error survei adalah +- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Wawancara dengan responden dilakukan melalui telepon oleh pewawancara yang terlatih. Survei dilakukan pada tanggal 18-21 Februari 2024. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/survei-indikator-pendukung-prabowo-subianto-dan-gibran-rakabuming-raka-puas-dengan-kinerja-jokowi/

Source link