10 Negara Muslim Terbukti Terlibat dalam Serangan AS ke Yaman

by -110 Views

Amerika Serikat – Setelah penyerangan Gedung Putih mengumumkan daftar 10 negara yang ikut serta dalam serangan bersama Amerika Serikat (AS) dan Inggris di Yaman.

Dalam pernyataannya, Gedung Putih merujuk pada pernyataan bersama dari pemerintah Australia, Bahrain, Kanada, Denmark, Jerman, Belanda, Selandia Baru, Korea Selatan (Korsel), Inggris, dan Amerika Serikat. Menurut pernyataan tersebut, negara-negara tersebut “tanpa ragu akan membela nyawa dan melindungi arus bebas perdagangan di salah satu jalur perairan yang paling strategis di dunia.”

Dilansir dari CBC, Selasa, 16 Januari 2023, pernyataan tersebut menyatakan bahwa serangan tersebut dimaksudkan untuk “mengganggu dan menurunkan kemampuan yang digunakan Houthi untuk mengancam perdagangan global dan kehidupan pelaut internasional di salah satu jalur perairan paling penting di dunia.”

“Tujuan kami tetap untuk meredakan ketegangan dan memulihkan stabilitas di Laut Merah, namun pesan kami tetap jelas: kami tidak akan ragu untuk membela kehidupan dan melindungi arus bebas perdagangan di salah satu jalur perairan paling kritis di dunia dalam menghadapi krisis yang berkelanjutan,” ungkap Gedung Putih.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah merilis pernyataan mengenai serangan tersebut. Dia mengatakan AS siap mengambil tindakan “lanjutan” untuk melindungi pasukan AS. Serangan hari ini menargetkan situs-situs yang terkait dengan kendaraan udara tak berawak, rudal balistik dan jelajah Houthi, serta radar pesisir dan kemampuan pengawasan udara. Dia menegaskan, “Amerika Serikat mempertahankan haknya membela diri dan, jika perlu, kami akan mengambil tindakan lanjutan untuk melindungi pasukan AS.”