KEK Disebut Sudah Menarik Investasi Rp 167,2 Triliun dalam Sorotan Debat Pilpres

by -41 Views

Jakarta – Calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto mengaku lega Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang digenjot Presiden Jokowi dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal tersebut pun diakui oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam debat pilpres pertama pada Selasa, 12 Desember 2023.

Lalu seberapa besar pengaruh KEK dalam mendorong investasi dan ekonomi secara nasional? Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Susiwijono Moegiarso melaporkan, realisasi investasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) telah mencapai Rp167,2 triliun.

“Kedua puluh KEK yang beroperasi berhasil mencatatkan kesuksesan dan memberikan kontribusi dengan capaian investasi secara kumulatif hingga triwulan ke-IV tahun 2023 sebesar Rp167,2 triliun dan mampu membuka lapangan kerja baru sebanyak 113.038 orang secara kumulatif,” kata Susiwijono melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu, 13 Desember 2023.

Susiwijono menjelaskan itu dalam acara Rapat Kerja Nasional KEK di KEK Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menurutnya, dalam pengembangannya KEK tetap mampu menopang perekonomian Indonesia.

Hal itu ditunjukkan dengan berbagai pencapaian positif KEK mulai dari penerapan hilirisasi, realisasi investasi, hingga penambahan jumlah pelaku usaha dan penyerapan tenaga kerja yang cukup signifikan. “Dengan menguatnya kebijakan yang berlaku di KEK yang menghadirkan kepastian, kejelasan, dan kemudahan implementasi kebijakan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas iklim investasi di KEK dan mendorong semakin banyaknya investor yang masuk ke KEK Indonesia, terutama penanaman modal asing,” ujarnya.

Seperti diketahui, 20 kawasan yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yaitu, KEK Arun Lhokseumawe, KEK Sei Mangkei, KEK Batam Aero Technic, KEK Galang Batang, KEK Kendal, dan KEK Gresik. Serta, KEK Sorong, KEK Bitung, KEK Palu, KEK MBTK, KEK Nongsa, KEK Tanjung Kelayang, KEK Tanjung Lesung, KEK Lido, KEK Morotai, KEK Likupang, KEK Mandalika, KEK Kura-Kura Bali, KEK Sanur, dan KEK Singhasari. Ke 20 KEK tersebut terdiri dari bidang industri dan pariwisata.