Otoritas Berjanji Akan Meningkatkan Sinyal di Kawasan IKN Nusantara

by -34 Views

Rabu, 13 Desember 2023 – 12:28 WIB

Jakarta – Juru Bicara Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Troy Pantouw mengatakan Otorita telah mendorong kerja sama dengan pihak penyedia lahan untuk meningkatkan sinyal di kawasan IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

“Otorita IKN senantiasa berusaha meningkatkan kualitas sinyal di kawasan IKN, tentu kerja sama dengan pihak penyedia agar warga yang ada di IKN dapat beraktivitas dengan baik,” kata Troy dikutip pada Rabu, 13 Desember 2023.

Namun, Troy mengatakan saat ini masih dalam proses pembangunan sehingga jaringan BTS yang dipasang bersifat sementara. Akan tetapi, kata dia, Otorita IKN memastikan bakal meningkatkan kapasitas jaringan di IKN Nusantara.

Diketahui, Kepala OIKN telah menerbitkan Surat Edaran tentang Pedoman Teknis Pemanfaatan Bersama Infrastruktur Telekomunikasi di Wilayah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Sub Wilayah Perencanaan IA Ibu Kota Nusantara pada 18 Oktober 2023. Surat Edaran tersebut meminta partisipasi badan usaha dalam investasi dan pembiayaan infrastruktur TIK, termasuk penyediaan infrastruktur telekomunikasi.

Surat Edaran Kepala OIKN meminta pelaku usaha untuk pemerataan dan percepatan penyelenggaraan telekomunikasi, melalui penyediaan jaringan telekomunikasi yang mencakup jaringan fiber optik (backbone/backhaul) untuk layanan fixed broadband, mobile broadband, konektivitas ke layanan pusat data (data center), dan jaringan seluler 5G yang menawarkan akses dengan kecepatan dan kapastitas sangat tinggi yang dapat diakses dimanapun oleh masyarakat.

Sementara, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pembangunan IKN Nusantara tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Makanya, Jokowi minta semua pihak turut serta membangun kawasan IKN.

“Pemerintah tidak bisa sendiri, butuh peran semua dari kita, butuh kontribusi semua dari kita, termasuk utamanya para pengusaha, para investor, para CEO, dan Bapak-Ibu semuanya yang hadir di sini,” kata Jokowi pada 2 November 2023.