Pakar Politik Menyatakan Tim Prabowo-Gibran Melakukan Kampanye dengan Tindakan Nyata

by -102 Views

Jumat, 1 Desember 2023 – 03:15 WIB

Jakarta – Tahapan kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 sudah berjalan selama tiga hari. Tiga tim pemenangan telah bergerak untuk mengoptimalkan dukungan bagi pasangan capres-cawapresnya.

Pakar politik dari Universitas Andalas, Asrinaldi, mengamati pergerakan tim pemenangan tiga pasangan capres-cawapres. Salah satunya adalah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang telah melakukan pendekatan yang menarik perhatian publik. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan program konkret yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Di hari pertama kampanye, TKN Prabowo-Gibran membagikan paket makan siang gratis dan susu di daerah, serta memberikan bantuan gizi kepada masyarakat secara serentak di beberapa daerah. Asrinaldi menyatakan bahwa tindakan tersebut menciptakan rasa kedekatan emosional masyarakat dan menunjukkan keseriusan pasangan ini dalam meraih dukungan.

Metode kampanye dari tim pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 ini dinilai berbeda dengan dua rivalnya, yang lebih memilih kampanye dengan berkunjung ke daerah-daerah untuk menyampaikan gagasan dan program kepada masyarakat.

Sebelumnya, tim Prabowo-Gibran telah meluncurkan gerakan sosialisasi program makan siang gratis untuk anak sekolah, pesantren, dan bantuan gizi untuk anak dan Ibu Hamil. Program tersebut diluncurkan secara serentak oleh TKN di seluruh Indonesia, dan diharapkan dapat memberikan gambaran bagi masyarakat akan program-program yang akan dijalankan oleh Prabowo-Gibran jika terpilih.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres sebagai kontestan Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3). Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dengan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.