DPR Komisi II Menyetujui Dua Rancangan PKPU Terkait Pilkada Serentak 2024

by -21 Views

Jakarta – (VanusNews) Komisi II DPR RI telah menyetujui dua Rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait pemilihan kepala daerah atau pilkada.

Persetujuan tersebut diambil dalam rapat Komisi II DPR RI dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), KPU, Bawaslu, dan DKPP, pada Rabu (15/5/2024).

Pertama, PKPU terkait pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota.

“Komisi II DPR RI bersama dengan Kemendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP menyetujui: pertama, rancangan Peraturan KPU tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Selain itu, Komisi II DPR RI juga menyetujui rancangan PKPU tentang Penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Komisi II DPR RI bersama dengan Kementerian Dalam Negeri, KPU, Badan Pengawas Pemilu, dan DKPP menyetujui rancangan PKPU tentang Penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” ucap Doli.

“Dengan catatan, KPU harus memperhatikan saran dan masukan dari DPR RI, Kemendagri, Bawaslu RI, dan DKPP,” tambah Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

Pilkada Serentak 2024 akan dilakukan pada 27 November mendatang. VN-DAN