Pengamat: Prabowo-Gibran Kunci Demokrasi Kembali ke Tangan Rakyat

by -105 Views

Jakarta – Pengamat politik Igor Dirgantara menilai kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada pemilihan presiden 2024 adalah bukti bahwa proses demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik melalui pemilihan umum.

Menurut Igor, Prabowo yang sebelumnya kalah dalam dua pemilihan presiden pada tahun 2014 dan 2019, tetap loyal dan konsisten dalam berjuang melalui jalur demokrasi dengan ikut dalam pemilihan umum kembali pada tahun 2024.

“Impian Prabowo akhirnya tercapai pada pemilihan umum 2024. Meskipun melelahkan, namun hasilnya manis melalui jalan konstitusional. Sekarang, Prabowo adalah Man of The Moment yang dipilih secara demokratis oleh rakyat sebagai Presiden 2024-2029,” jelas Igor kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/3).

Igor juga menyoroti pernyataan Prabowo setelah menang dalam pemilihan presiden 2024 bahwa proses demokrasi di Indonesia memang membutuhkan biaya besar dan melelahkan, namun hal ini tetap harus dilaksanakan dan perlu ditingkatkan kualitasnya.

“Prabowo sadar bahwa demokrasi di Indonesia sangat mahal. Oleh karena itu, Indonesia butuh kepemimpinan yang kuat pasca kepemimpinan Jokowi untuk mengembalikan demokrasi ke tangan rakyat, bukan ke tangan pemodal atau pemilik modal,” kata Igor.

Igor juga menyatakan bahwa dia tidak khawatir dengan kepemimpinan Prabowo-Gibran karena Prabowo sendiri memahami pentingnya adanya check and balances sebagai tokoh nasional yang telah lama berada di luar pemerintahan.

“Ini menjadi faktor penting mengapa Prabowo akan mendengar kritik dan menghargai sikap oposisi saat menjadi pemimpin baru Indonesia,” lanjutnya.

Igor memprediksi bahwa demokrasi Indonesia di masa depan akan lebih baik di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran karena keduanya sudah melewati proses demokrasi yang tidak instan dan tidak hanya didasarkan pada popularitas semata.

“Prabowo adalah contoh bagus dalam membangun partai politik dari nol, bukan hanya sekedar berpangkat atau bekerja untuk partai. Prabowo mengerti bahwa pilar demokrasi terpenting adalah partai politik,” tambahnya. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/pengamat-prabowo-gibran-kunci-demokrasi-kembali-ke-tangan-rakyat/

Source link