Total 13 Pemimpin Negara Sudah Ucapkan Selamat ke Prabowo Subianto Atas Keunggulan di Pilpres

by -90 Views

Jakarta – Sampai saat ini, Rabu (21/2) calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto telah menerima ucapan selamat dari 13 pemimpin negara. Prabowo unggul dalam hasil quick count dan real count sementara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Salah satu yang terbaru adalah ucapan selamat dari Perdana Menteri India Narendra Modi.

“Selamat kepada bangsa Indonesia atas suksesnya pemilihan presiden dan @prabowo yang memimpin,” tulis Modi di akun media sosial X, Minggu (18/2).

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. atau Bongbong Marcos juga memberikan selamat kepada Prabowo atas keunggulannya dalam perhitungan suara terakhir.

“Saya berharap dapat memperdalam hubungan bilateral Filipina dengan Indonesia, tetangga dekat dan mitra di ASEAN, terutama saat kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini,” kata Marcos.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese adalah salah satu yang pertama memberikan selamat kepada Indonesia dan Prabowo. Melalui akun X, ia memberikan selamat kepada Prabowo karena menjadi calon presiden terpilih Indonesia versi quick count.

“Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang berbicara dengan Prabowo Subianto yang memiliki keunggulan jelas dalam hal resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia,” tulis Albanese.

” Saya berharap dapat bekerja sama dengan presiden Indonesia yang baru setelah dilantik pada Oktober 2024.”

Setelah Albanese, ucapan selamat datang dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Tak hanya memberikan selamat, Lee dan Prabowo juga membahas hal lain seperti hubungan bilateral kedua negara. Hal tersebut diungkapkan sekretaris pers PM Chang Li Lin, termasuk kemungkinan kerja sama baru antara Indonesia dan Singapura.

“(Prabowo dan Lee) membicarakan pentingnya mengidentifikasi bidang kerja sama baru dan saling menguntungkan,” kata Li Lin.

Dalam unggahan di akun X, Prabowo juga terlihat menerima ucapan selamat dari PM Malaysia Anwar Ibrahim, Jumat (16/2). Ia mengatakan telah menerima beberapa panggilan telepon yang memberikan selamat, salah satunya dari Ibrahim.

PM Inggris Rishi Sunak juga telah memberikan selamat kepada Prabowo seperti yang diunggah di akun X @prabowo. Ucapan tersebut dikirim Sunak melalui surat resmi dari Downing Street. Selain ucapan selamat, isi surat juga berisi peringatan diplomasi Indonesia-Inggris yang memasuki usia 75 tahun.

Sunak juga mengatakan akan meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Inggris, salah satu kerja sama yang direncanakan oleh Sunak adalah pembahasan krisis iklim melalui usaha beralih ke energi alternatif.

Pemerintah Presiden Cina Xi Jinping melalui Duta Besar China untuk RI, Lu Kang, juga memberikan selamat kepada Prabowo. Dalam instagram resmi Prabowo, terlihat Dubes Lu yang berdiskusi dengan Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, kemarin.

“Terima kasih Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok H.E. Lu Kang @chinaembassy_indonesia atas ucapan selamat dan kunjungannya kepada saya di Rumah Kertanegara, Jakarta,” tulis Prabowo di akun instagramnya @prabowo.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga menjadi salah satu pemimpin negara yang memberikan selamat kepada Prabowo. Ini disampaikan melalui keterangan yang dimuat di laman web Kremlin. Putin mengaku ingin berdialog dengan Prabowo mengenai isu-isu bilateral dan internasional.

“Yang terhormat Tuan Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat yang tulus atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden,” bunyi pesan selamat Putin.

Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe juga telah memberikan selamat kepada Prabowo melalui panggilan telepon. Ucapan selamat oleh Ranil Wickremesinghe disebutkan Prabowo dalam unggahan Instagram-nya pada Kamis (15/2).

Kemudian, PM Belanda Mark Rutte memberikan selamat kepada Prabowo Subianto pada Kamis (15/2). Rutte mengaku berharap bisa mengembangkan hubungan persahabatan Belanda-Indonesia.

“Saya baru saja memberikan selamat kepada Prabowo Subianto mengikuti proyeksi pemilihan umum di Indonesia kemarin. Saya ingin terus mengembangkan ikatan kuat dan persahabatan antara kedua negara kita,” kata Rutte di akun X.

Sementara PM Republik Ceko Petr Fiala memberikan selamat kepada Prabowo Subianto pada Rabu (14/2) malam. Fiala memberikan selamat kepada Prabowo yang menurutnya telah memenangkan Pilpres 2024.

“Selamat kepada H.E. (Yang Mulia) Prabowo Subianto karena memenangkan Pemilihan Presiden Indonesia 2024. Mengingat kunjungan saya ke negara Anda yang indah kurang dari setahun lalu, izinkan saya mendoakan Anda transisi yang mulus dan juga menyampaikan kesiapan kami memperkuat hubungan bilateral antara dua negara kita,” kata Fiala via akun X.

Anggota Majelis Agung Nasional Turki Ayşe Böhürler juga memberikan ucapan selamat kepada Prabowo, pada Kamis (15/2) yang unggul di atas 50% dalam perhitungan cepat suara. Ia optimis dengan pemerintahan baru di bawah Prabowo akan terus melanjutkan penguatan hubungan bilateral dan kerja sama Turki-Indonesia.

“Saya berharap Prabowo sukses selalu dalam memimpin dan mengabdikan dirinya untuk negara sahabat kami, Indonesia,” ucapnya di akun X.

Presiden Timor Leste José Ramos Horta juga menyetujui ucapan selamat kepada Prabowo melalui panggilan telepon. Ia mengatakan, dalam percakapannya bersama Prabowo juga membahas hubungan diplomatik antara Timor Leste-Indonesia.

“Saya berbicara melalui telepon kepada presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto karena beliau telah unggul dalam Pilpres 2024, pada putaran pertama,” tutur Horta dalam keterangannya.

“Saya juga mengundang presiden terpilih Prabowo untuk berkunjung ke Timor Leste,” tambahnya.

Presiden dan Wakil Presiden Nikaragua Daniel Ortega Saavedra dan Rosario Murillo juga memberikan ucapan selamat atas keunggulan Prabowo. Mereka optimis Prabowo akan menjadi pemimpin baru yang akan membawa banyak kemajuan bagi Indonesia demi kesejahteraan rakyat.

“Dengan penuh kekaguman dan rasa hormat, kami menegaskan kembali keinginan kami untuk terus memperkuat hubungan persaudaraan dan solidaritas yang bersejarah,” ujar mereka dalam keterangan resmi.

Selain pemimpin negara tersebut, empat tokoh internasional lainnya juga telah memberikan selamat kepada Prabowo, seperti eks PM Thailand Thaksin, eks PM Inggris Tony Blair, Deputi Perdana Menteri Australia Marles, dan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan.

Hasil sementara perolehan suara Prabowo di KPU hingga Rabu (21/2) pukul 12.05 WIB mencapai 73,58%. Dari data tersebut, Prabowo-Gibran mendominasi perhitungan suara. Prabowo mendapatkan 59.205.078 suara atau sekitar 58,76%.

Dari hasil perhitungan cepat beberapa lembaga, seperti Litbang Kompas menyebutkan Prabowo-Gibran unggul 58,47%. Poltracking Indonesia juga mencatat perolehan suara Prabowo-Gibran yang memimpin di puncak sebesar 58,51%.

Berikut daftar tokoh dunia yang telah memberikan selamat kepada Prabowo per Rabu (21/2):

Via Telepon:
PM Australia, Anthony Albanese
DPM Australia, Richard Marles
PM Singapura, Lee Hsien Loong
PM Malaysia, Anwar Ibrahim
Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe
PM Albania, Edi Rama
Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta
Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah
eks PM Thailand, Thaksin Sinawatra
eks PM Inggris, Tony Blair
Menlu Turki, Hakan Fidan
Presiden Nicaragua, Daniel Ortega

Via Twitter / Surat:
PM India, Narendra Modi
PM Inggris, Rishi Sunak
Presiden Rusia, Vladimir Putin
Presiden China Xi Jinping
Presiden Filipina Bongbong Marcos

(Senopati)

Source link