Indikator Politik Ungkap Alasan Prabowo Subianto-Gibran Unggul Telak di Pilpres: Pemilih Muda

by -83 Views

Jakarta – Indikator telah merilis hasil penelitian dari exit poll Pilpres 2024, Rabu (21/2) yang menemukan alasan mengapa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam kontestasi lima tahunan tersebut.

Peneliti utama dari Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan bahwa terdapat kesalahan asumsi bahwa pemilih generasi muda cenderung tidak menggunakan hak pilihnya. Menurut Indikator, generasi muda yang menggunakan hak pilih pada 14 Februari ternyata melebihi proporsi nasional.

Burhanuddin menjelaskan, “Ternyata dari gen Z yang menggunakan hak pilihnya dalam sampel kami sebesar 23%, sementara proporsi nasionalnya 22%. Ini menunjukkan bahwa asumsi yang mengatakan generasi muda cenderung golput ternyata tidak benar. Bahkan, dari data exit poll kami, jumlah pemilih generasi muda lebih besar daripada proporsi nasional, mencapai 58,7% (total gen Z dan generasi milenial).”

Menurut Burhan, faktor ini menjadi salah satu alasan mengapa Prabowo-Gibran unggul. Dia menyatakan bahwa pendukung pasangan tersebut datang ke TPS, terutama dari kalangan usia muda. Semakin muda pemilih, semakin besar dukungan untuk Prabowo. Gen Z dan generasi milenial ternyata menggunakan hak pilihnya secara lebih besar dari proporsi nasional pada tanggal 14 Februari.

Burhan menambahkan, “Hal ini menjadi bukti mengapa Prabowo unggul, salah satunya karena basis pendukungnya dari kalangan muda dengan tingkat kehadiran yang lebih besar. Sebaliknya, golput lebih banyak berasal dari kalangan pendidikan kelas menengah bawah.”

Exit poll Indikator Politik ini dilakukan di 3.000 TPS di seluruh daerah pemilihan dengan metode stratified two-stage random sampling. Sebanyak 2.975 responden diwawancarai dengan tingkat toleransi kesalahan sebesar +/- 1,8% dan tingkat kepercayaan 95%.

Exit poll sendiri merupakan metode untuk mengetahui pendapat publik yang dilakukan setelah seseorang keluar dari bilik suara di TPS. Pertanyaan yang diajukan biasanya tidak terlalu banyak, namun informasi mengenai alasan memilih dikumpulkan untuk memahami distribusi suara pemilih secara lebih mendalam. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/indikator-politik-ungkap-alasan-prabowo-subianto-gibran-unggul-telak-di-pilpres-pemilih-muda/

Source link