Elite NasDem Mengingatkan Pemerintah Pentingnya Keadilan dalam Pemilu 2024

by -20 Views

Senin, 12 Februari 2024 – 13:41 WIB

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan kampanye akbar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Jakarta Internasional Stadium (JIS), sebagai fenomena baru dengan munculnya partisipasi publik secara nyata. Menurut dia, Anies sukses melakukan perubahan dari politik mobilisasi ke politik partisipasi.

“Itu adalah murni partisipasi masyarakat. Menggerakkan orang untuk hadir dengan partisipasi itu hal luar biasa, tidak mungkin bisa dikerjakan orang-orang yang tidak diharapkan masyarakat,” kata Ali dikutip pada Senin, 12 Februari 2024.

Partisipasi publik, kata dia, lahir ketika calon pemimpin yang disodorkan kepada masyarakat mampu menjadi harapan rakyat. Hal itu pula yang bergulir menjadi fenomena luar biasa di Pemilu Presiden 2024.

“Anies turun ke berbagai penjuru Tanah Air melalui dialog partisipatif dengan masyarakat, yang dikemas lewat Desak Anies, yang hadir penuh suka cita, bahkan tanpa mobilisasi atau bayaran,” ujar Pelatih Kepala Timnas Amin (Anies-Muhaimin) ini.

Menurut dia, mungkin masyarakat Indonesia selama ini dianggap pragmatis oleh sejumlah pihak, tapi ternyata terbukti tidak seperti itu. Makanya, ia berharap partai politik dapat memperhatikan aspek kepentingan masyarakat dalam mencalonkan pemimpin agar partisipasi itu bisa terus diwujudkan.

“Ketika setiap kunjungan Anies itu tidak pernah dilakukan mobilisasi, selalu partisipasi masyarakat. Ada kerinduan ketika Anies hadir di tempat tersebut,” jelas dia.

Oleh karenanya, Ali mengingatkan pemerintah dan penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 supaya bersikap adil untuk kepentingan bangsa Indonesia.

“Pemerintah atau siapa pun penyelenggara negara harus berlaku adil untuk semuanya. Karena kalau tidak, itu potensi terjadinya gejolak sangat besar,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, calon Presiden RI nomor urut 01 Anies Baswedan, memberikan pidato politiknya dalam kampanye akbar di Jakarta International Stadium pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Dalam kesempatan itu, Anies menyoroti banyaknya massa yang hadir hingga memenuhi stadion kebanggaan warga Jakarta itu. Anies mengaku bangga atas antusiasme warga yang hadir di JIS.

Dia mengatakan, sejak stadion itu dibangun, belum pernah JIS dipadati oleh warga seperti saat ini. “Kami yang pernah bekerja di sini boleh saya sampaikan, belum pernah menyaksikan Jakarta Internasional Stadium dipenuhi orang sebanyak ini,” kata Anies pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Bahkan, kata Anies, untuk rapat akbar Politik yang pernah ada, rapat akbar di JIS kali ini lah yang paling banyak dihadiri massa. Menurut Anies, ini menunjukkan keinginan perubahan yang sangat besar.

“Belum pernah juga rapat akbar politik dipenuhi oleh orang sebanyak ini dari seluruh Indonesia. Kita telah melakukan perubahan kampanye. Semua yang terlibat di sini menjadi aktor-aktor perubahan kampanye di Indonesia,” ujar Anies.