Evaluasi Diri Menuju Tahun 2023, Target Tahun 2024 dan Rencana Strategis Menciptakan Kerukunan Pasca Pemilu

by -25 Views

Kementerian Agama akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali mengatakan, Rakernas akan mengevaluasi sejumlah pencapaian kinerja pada tahun 2023 serta target program untuk tahun 2024. Rakernas juga akan merumuskan langkah-langkah strategis dalam rangka memperkuat kerukunan umat setelah pemilu 2024.

Rakernas Kementerian Agama akan diselenggarakan di Semarang, tanggal 5-7 Februari 2024. Rapat tingkat tertinggi ini akan diikuti oleh pejabat Eselon I dan II, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, serta pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Rakernas kali ini mengusung tema “Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045”.

Menurut Nizar, Rakernas 2024 sangat strategis karena dua alasan. Pertama, tahun ini merupakan tahap akhir dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Pada saat yang bersamaan, RPJMN 2020 – 2024 juga merupakan tahapan terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025. “RPJMN 2020-2024 akan memengaruhi pencapaian target pembangunan dalam RPJPN. Kita menciptakan Indonesia dengan tingkat kesejahteraan setara dengan negara-negara berpenghasilan menengah atas yang memiliki kondisi infrastruktur, kualitas sumber daya manusia (SDM), layanan publik, serta kesejahteraan rakyat yang lebih baik,” ujar Nizar.

Sebagai kementerian yang bertugas dalam pembangunan di bidang agama, Kementerian Agama mempunyai peran strategis dalam peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan agama dan keagamaan. “Kepercayaan publik terhadap lembaga pendidikan binaan Kemenag terus meningkat. Pada saat yang sama, kualitas layanan publik di Kemenag juga terus ditingkatkan. Tahun 2023 menjadi momentum penting proses transformasi digital di Kemenag hingga banyak mendapat prestasi dan apresiasi,” sambungnya.

Kedua, tahun ini diselenggarakan pemilihan umum. Potensi terjadinya segregasi harus dimitigasi agar kerukunan umat tetap terjaga. Menurut Nizar, Kementerian Agama mengemban mandat penguatan moderasi beragama guna terus merawat kerukunan umat.

Rakernas Kementerian Agama 2024 akan dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Sejumlah narasumber dijadwalkan akan hadir, antara lain Menteri Keuangan, Menteri PPN/Kepala BAPPENAS, Menteri PAN-RB RI, perwakilan Sekretariat Negara, serta Ketua PBNU.

Rakernas Kemenag 2024 bertujuan mempertajam arah kebijakan Kementerian Agama dalam mencapai target rencana strategis 2020-2024. Forum ini juga akan menjadi ajang untuk mensosialisasikan program direktif Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. “Selain evaluasi 2023, kami akan merumuskan strategi pelaksanaan program 2024, meningkatkan tata kelola kepemerintahan, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik Kementerian Agama,” sebut Nurudin.

Selain itu, Kemenag juga akan banyak meraih prestasi dan apresiasi sepanjang 2023. Namun, hal itu tidak menutup mata untuk terus mengidentifikasi sejumlah kelemahan, termasuk mitigasi risiko dalam pelaksanaan program 2024. “Bagaimana strategi pelaksanaan program Kementerian Agama 2024 akan dibahas bersama dalam forum ini,” tegasnya.