Strategi KPU Tanah Datar Menghadapi Letusan Gunung Marapi Selama Pemilu Berlangsung

by -40 Views

KPU Tanah Datar Siapkan Mitigasi Erupsi Gunung Marapi Saat Pemilu

Tanah Datar – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 pada 14 Februari nanti, KPU melakukan mitigasi atau antisipasi terhadap kemungkinan bencana erupsi Gunung Marapi. Gusriyono, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Tanah Datar, menyatakan bahwa pihaknya sudah menyusun skema mitigasi untuk menghadapi kemungkinan terburuk bencana erupsi Gunung Marapi.

Menurut Gusriyono, beberapa skema mitigasi telah disiapkan, seperti memindahkan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) hingga skema pemilihan lanjutan atau susulan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Skema pemindahan lokasi TPS hanya akan dilakukan jika pemilih suatu wilayah mengungsi atau diungsikan. Adapun skema lainnya, dengan memindahkan TPS ke jorong yang dianggap lebih aman bagi pemilih yang berdekatan dengan tempat evakuasi atau pengungsian.

Gusriyono juga menyebutkan bahwa terdapat empat kecamatan yang menjadi fokus perhatian terhadap ancaman erupsi atau letusan Gunung Marapi, antara lain Kecamatan X Koto, Pariangan, Sungai Tarab, dan Salimpaung. Lebih lanjut, KPU Tanah Datar tengah berkoordinasi dengan PPK dan PPS Batipuh terkait TPS dan jumlah pemilih terdampak.

Meski sudah melakukan langkah-langkah mitigasi, KPU Tanah Datar tetap akan terus berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebagai leading sektor penanganan bencana. Mereka juga melakukan koordinasi dengan stakeholder lainnya guna mendapatkan informasi akurat terkait ancaman Gunung Marapi, baik sebelum maupun saat pemungutan dan penghitungan suara.