Aiman Witjaksono menghabiskan 6 jam untuk menjawab puluhan pertanyaan dari polisi

by -153 Views

Rabu, 6 Desember 2023 – 00.05 WIB

Jakarta – Pemeriksaan terhadap Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono, telah selesai. Aiman diperiksa selama enam jam dan dihadapi dengan 60 pertanyaan.

Aiman mengatakan kepada wartawan bahwa penyidik tentu akan menjelaskan materi pemeriksaan. Intinya adalah seputar apa yang ia sampaikan pada 11 November 2023 dalam sebuah konferensi pers di TPN Jalan Cemara.

Kuasa hukum Aiman, Ronny Talapessy, menambahkan bahwa para pelapor menggunakan potongan video dari media sosial sebagai bukti laporan. Dia menegaskan bahwa pernyataan kliennya tidak mengandung unsur hoax dan tidak dimaksudkan untuk menyerang institusi atau perorangan.

Aiman dan tim kuasa hukumnya akhirnya mengungkap bukti yang dibawa dan diberikan kepada penyidik. Salah satunya adalah bukti tulisan dari satu media nasional yang memuat pernyataan Aiman.

Pada awalnya, Aiman merasa aneh dengan laporan yang dilayangkan terhadap dirinya. Dia merasa janggal karena ada enam laporan polisi yang dibuat serentak pada satu hari yang sama. Selain itu, Aiman juga merasa aneh karena dilaporkan atas ujaran kebencian terkait dengan SARA. Menurutnya, hal ini menjadi pertanyaan besar bagi dirinya.

Aiman menekankan bahwa ia ingin menyatakan bahwa bukan bagian dari hoax, apalagi ada niat untuk mencemarkan nama baik suatu lembaga atau perorangan. Dia menjelaskan bahwa pernyataannya murni untuk menjaga proses demokrasi agar bisa berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Aiman tidak hadir saat dipanggil polisi. Setibanya di Markas Polda Metro Jaya, Aiman merasa aneh terkait laporan yang dilayangkan terhadap dirinya.