Pemerintah Kehilangan Fokus dalam Pengembangan Sektor Maritim, Menurut Anggota DPR

by -130 Views

Komisi IV DPR RI Ono Surono setuju dengan kritik dari calon presiden Ganjar Pranowo yang mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi maritim selama 10 tahun terakhir mandek karena pemerintah tidak serius. Politisi PDI Perjuangan tersebut menegaskan bahwa semua potensi maritim belum dimanfaatkan dengan baik melalui program oleh Kementerian Negara yang terkait. Ia juga menyebutkan bahwa peraturan perundang-undangan yang diterbitkan tidak berjalan dan menimbulkan polemik atau penolakan dari rakyat. Selain itu, program penangkapan ikan terukur juga mendapatkan penolakan dari para nelayan.

Ono juga menyatakan bahwa Program penangkapan ikan terukur pun masih mendapatkan penolakan dari para nelayan. Ia meyakinkan bahwa program yang akan ditawarkan oleh Ganjar dan Pak Mahfud akan menempatkan rakyat sebagai subjek dan sentral dalam semua aspek. Sebelumnya, Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyebutkan, bahwa mandeknya pertumbuhan ekonomi maritim selama 10 tahun terakhir, lantaran tidak ada niat serius dari pemerintah. Ganjar Pranowo menilai pemerintah hanya fokus membangun di darat, bukan perairan.

Ganjar juga mencontohkan bagaimana pembangunan puskesmas hanya fokus di darat dan abaikan pembangunan puskesmas terapung. Dan dia bertanya mengapa fasilitas kesehatannya hanya dibangun di darat dan tidak di perairan. Selain itu, mengapa membangun jalan tetapi tidak membuat sistem transportasi laut.