Kawasan Monas Dipadati Ribuan Orang, Teriakan ‘Palestina Merdeka’ Bergema

by -182 Views

Jakarta – Aksi Bela Palestina digelar di kawasan Monas, Jakarta, pada Minggu pagi, 5 November 2023. Ribuan orang berkumpul dan memadati kawasan Monas untuk mengikuti aksi bela Palestina tersebut.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, ribuan orang yang datang dari berbagai daerah itu nampak mengenakan baju berwarna putih dan hitam. Mereka turut membawa sejumlah atribut, salah satunya seperti bendera negara Palestina. Tampak juga sekelompok masyarakat memegang poster bertuliskan #FREEPALESTINA. Masyarakat yang mengikuti aksi itu tampak meneriakkan berbagai kalimat dengan kompak.

“Palestina! Palestina!” kata seorang pemandu aksi sambil berjalan ke arah kawasan Monas, Minggu, 5 November 2023. “Bebaskan! bebaskan!” ucap warga lain mengikuti. “Palestina! Palestina!” katanya lagi. “Merdeka! merdeka!” “Zionis! Zionis!” “Hancurkan! Hancurkan!”

Selain dihadiri ribuan orang dari berbagai daerah, sejumlah tokoh masyarakat juga menghadiri aksi tersebut. Mereka di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua DPR Puan Maharani. Kemudian, mantan wakil presiden Jusuf Kalla, mantan ketua umum Muhammadiyah, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan bakal calon presiden Anies Baswedan.