Puan Setuju Jenderal Agus Diajukan oleh Jokowi sebagai Panglima TNI

by -188 Views

Ketua DPR RI Puan Maharani mengonfirmasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon pengganti Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Pergantian Panglima TNI ini akan dilakukan karena Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Puan menyatakan bahwa DPR akan menindaklanjuti surat presiden terkait pergantian Panglima TNI. Proses ini akan mengikuti mekanisme di DPR agar penggantian Panglima TNI dapat berjalan dengan baik dan tanpa kekosongan jabatan.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid juga telah mengkonfirmasi surat presiden terkait pergantian Panglima TNI. Dalam waktu dekat, akan dilakukan fit and proper test untuk mengevaluasi kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI.

Jenderal Agus Subiyanto baru saja dilantik sebagai KSAD oleh Presiden Jokowi enam hari yang lalu. Sebelumnya, dia menjabat sebagai wakil Dudung Abdurachman. Agus Subiyanto adalah perwira tinggi Tentara Nasional Angkatan Darat dan berasal dari kecabangan Infanteri (Komando Pasukan Khusus).

Sumber: Viva.co.id (link: https://www.viva.co.id/berita/politik/1652739-puan-benarkan-jenderal-agus-diusulkan-jokowi-sebagai-panglima-tni)