Prajurit TNI AU Menembak Pemulung di Palu, Danlanud berjanji Menanggung Tanggung Jawab Penuh

by -323 Views

Sabtu, 13 Juli 2024 – 09:59 WIB

Oknum anggota TNI AU menembak pemulung wanita bernama Jerni (25) di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Prajurit TNI itu menembak wanita tersebut dengan menggunakan senapan angin. Akibatnya, korban segera dilarikan ke Rumah Sakit.

Menurut informasi, Jerni ditembak oleh anggota TNI AU menggunakan senapan angin saat mencari kardus dan botol bekas di kawasan kompleks rumah dinas TNI AU Palu di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Palu Selatan pada Kamis, 11 Juli 2024.

Jerni yang ditemui awak media mengungkapkan bahwa kejadian itu terjadi saat bersama rekannya hendak mencari kardus dan botol bekas di kawasan kompleks rumah dinas TNI AU. Saat itu, sekitar pukul 17.00 Wita Jerni mencoba memasuki dan tidak memedulikan larangan untuk memasuki area tersebut. Jerni tetap memaksa untuk masuk dengan alasan hanya ingin mencari barang bekas di belakang rumah dinas.

Tak lama kemudian, oknum TNI AU keluar membawa senapan angin dan langsung menembak Jerni hingga mengenai bagian pinggang sebelah kiri.

Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Batuaji mengatakan bahwa pihaknya telah mengatasi kasus tersebut dengan menahan oknum Prajurit itu untuk diproses hukum. Namun, Bonang enggan mengungkapkan identitas prajurit yang akan diproses.

Bonang menegaskan bahwa pihaknya akan bertanggung jawab penuh atas insiden tersebut. Salah satunya dengan menanggung biaya perawatan korban dan memberikan santunan. Selain itu, pihaknya juga akan memproses hukum pelaku sesuai dengan ketentuan yang berlaku.