Netizen Menyuarakan Penolakan Terhadap Desain Paspor Baru

by -178 Views

Jakarta – (VanusNews) Pembuatan Paspor Republik Indonesia yang direncanakan akan mengalami perubahan desain mendapat penolakan dari berbagai kalangan masyarakat. Hal tersebut tercermin dari suara netizen yang keras menolak kebijakan baru tersebut.

Penolakan terhadap kebijakan ini tetap menjadi trending topic di Indonesia nomor satu pada 4 Juni 2024. Topik tentang ‘Tolak Desain Paspor’ menduduki posisi teratas di tren aplikasi X atau yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Tren tersebut menunjukkan bahwa banyak netizen yang membicarakan topik penolakan terhadap desain paspor tersebut sepanjang hari.

Dari hasil pantauan, tren tersebut tetap bertahan selama beberapa jam setelah naik ke posisi teratas. Tidak ada topik lain yang dapat menggeser perbincangan mengenai hal tersebut di platform tersebut.

“Jika alasan perubahan paspor adalah untuk meningkatkan keamanan, lalu apakah desain sebelumnya berarti tidak aman ya? Bagaimana menurut kalian?” tweet seorang Netizen di Twitter.

“Sudah banyak kritik mengenai wacana pergantian warna paspor, kita harus menolak desain paspor yang baru!” ujar Netizen lain di Twitter.

Diketahui bahwa selama ini paspor Indonesia dikenal dengan warna hijau. Namun, warna tersebut rencananya akan diganti pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang. Meskipun begitu, belum ada informasi lebih lanjut mengenai desain maupun warna baru dari paspor RI.

Perubahan warna ini sebelumnya diusulkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Salah satu alasan yang diklaim oleh pemerintah adalah perubahan paspor ini untuk meningkatkan keamanan. VN-DAN