Pimpinan Lion Group Berbagi Keluh Kesah kepada Menteri Jokowi Terkait Permintaan Penekanan Harga Tiket Pesawat yang Sering Diajukan

by -160 Views

Jakarta – Presiden Direktur Lion Air Group, Daniel Putut Kuncoro Adi mengungkapkan kepada para menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai harga tiket pesawat. Dia sering diminta untuk menekan harga tiket pesawat.

“Saya sampaikan proses yang sedang terjadi di dalam industri transportasi. Karena saya memang banyak sekali permintaan-permintaan untuk bisa menekan harga tiket pesawat,” kata Daniel dalam Kompas 100 CEO Forum ke-14 Rabu, 1 November 2023.

Namun, Daniel mengatakan bahwa Pemerintah sudah mengarahkan untuk melakukan kolaborasi kepada seluruh Kementerian Lembaga (K/L) agar tiket pesawat kembali normal.

“Tetapi banyak hal yang sudah kami dibimbing oleh Bapak Menteri Perhubungan untuk berkolaborasi dengan seluruh K/L. Dan ini mudah-mudahan bisa segera terlaksana,” ujarnya.

Khususnya dengan bahan bakar, finance, mata uang, biaya masuk PPN, dan PPh karena industri transportasi udara memiliki maintenance prepare organisasi yang memerlukan kebijakan-kebijakan tersebut, tambahnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa dunia aviasi sedang mengalami cobaan besar. Setelah adanya COVID-19, pesawat menjadi terbatas baik jumlah pesawat maupun suku cadangnya. RI yang sebelumnya memiliki 650 pesawat, kini hanya memiliki 400 pesawat. Harga avtur yang tinggi juga menjadi faktor penyebab mahalnya harga tiket pesawat.

“Faktor menjadi hal yang paling besar karena avtur adalah 40 persen daripada cost. Di sini ada Pertamina? Kalau Pertamina bisa menurunkan harga avtur sama dengan Singapura, ini sangat membantu,” terangnya.