AMH 2023: Kominfo Memaparkan Apresiasi Terhadap Kinerja Humas saat KTT ASEAN

by -165 Views

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan Anugerah Media Humas (AMH) 2023 yang ke-16. Acara ini diadakan di Kota Surabaya dengan tema “Humas Bersinergi untuk Kemajuan Negeri”. Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi terhadap keberhasilan komunikasi publik dan dukungan hubungan masyarakat dalam menyelenggarakan KTT ASEAN di Indonesia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, mengatakan bahwa penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia adalah peluang untuk menunjukkan eksistensi dan peran penting dari humas dalam mem-branding Indonesia. Reputasi baik Indonesia menjadi misi dari humas pemerintahan, dan nation branding menjadi tujuan utama dari kerja humas dalam acara internasional.

Usman juga mengajak insan humas untuk meninggalkan eksklusivitas peran dan menanggalkan ego sektoral demi kemajuan negeri. Sinergitas antar instansi pemerintah juga perlu diperkuat agar Indonesia dikenal sebagai negara yang bersahabat, bermartabat, dan memiliki potensi untuk mendatangkan investasi dan kerjasama.

AMH 2023 memberikan penghargaan untuk enam kategori, yaitu Siaran Pers, Media Sosial, Website, Kampanye Komunikasi Publik, Penerbitan Media Internal (Inhouse Magazine), dan Media Audiovisual. Terdapat juga penghargaan khusus untuk juara umum dan Penyuluh Informasi Publik (PIP). Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan juara umum AMH 2023. PIP merupakan mitra strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam penyampaian informasi di wilayah Terpencil, Tertinggal, dan Terdepan (3T) serta daerah yang masih memerlukan penyampaian informasi secara tatap muka.