Kapolsek Tanah Abang dan Wakilnya Dicopot Seusai 16 Tahanan Kabur

by -212 Views

Jakarta – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, mengonfirmasi bahwa Kapolsek Tanah Abang, Kompol Hans Philip Samosir, dan Wakapolsek, William Alexander, telah dicopot dari jabatannya.

Sebelumnya kedua polisi tersebut telah diperiksa oleh Bidang Propam setelah 16 tahanan dari Polsek Tanah Abang kabur pada Senin dini hari, 19 Februari 2024.

“Kapolsek dipindahkan ke Polda. Wakapolsek ke Polres Jakpus,” kata Kombes Ade Ary kepada media, Minggu, 25 Februari 2024.

Dengan adanya mutasi jabatan tersebut, Kapolsek Tanah Abang sekarang dijabat oleh AKBP Aditya Simanggara Pratama, dan AKP Acep Atmaja sebagai Wakapolsek.

Kejadian kaburnya 16 tahanan Polsek Tanah Abang dimulai pada Senin dini hari, 19 Februari 2024, di mana para tahanan berhasil melarikan diri dengan menggergaji terali kamar mandi. Aksi para tahanan itu dibantu oleh satu tersangka bernama Riski Amelia, yang merupakan istri dari salah satu tahanan yang kabur.

Polres Jakarta Pusat telah berhasil mengamankan 10 dari 16 tahanan yang melarikan diri tersebut dan meminta bantuan masyarakat untuk melaporkan jika menemukan para buronan yang masih diburu.

Berikut adalah daftar nama 6 tahanan yang masih dalam pengejaran polisi:
1. Renal (26) warga Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat
2. Harizqullah Arrahman (23) warga Bukit Tinggi, Sumatra Barat
3. Muhamad Aqdas (24) warga Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat
4. Hendro Mulyanto (36) warga Kalideres, Jakarta Barat
5. Ferdinan (24) warga Antapani, Bandung
6. Welen Saputra Thio (24) warga Tajur Halang, Kabupaten Bogor

Sumber: [Viva.co.id](https://www.viva.co.id/berita/metro/1690721-kapolsek-tanah-abang-dan-wakilnya-dicopot-buntut-16-tahanan-kabur?page=2)