Basarnas Melaporkan Bahwa 23 Orang Tewas Akibat Erupsi Gunung Marapi yang Terbaru

by -139 Views

Proses pencarian dan evakuasi korban erupsi dan letusan gunung Marapi masih terus berlanjut hingga Rabu, 6 Desember 2023. Tim SAR gabungan berhasil menemukan satu pendaki lagi dalam kondisi tewas. Total korban meninggal dunia mencapai 23 orang hingga sore hari pada tanggal tersebut.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Padang, Abdul Malik menyatakan bahwa proses evakuasi masih berlangsung. Belum dapat dipastikan apakah korban yang ditemukan termasuk dalam grup 12 pendaki yang sebelumnya dinyatakan hilang atau di luar data pendaki yang terdaftar.

Abdul juga menyebutkan bahwa total pendaki Gunung Marapi yang terdaftar melalui sistem booking online yang dikelola BKSDA Sumbar sebanyak 75 orang, dengan 52 di antaranya selamat dan 22 lainnya telah dikonfirmasi tewas.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya masih belum dapat memastikan apakah korban atas nama Siska Afrina yang ada dalam daftar data pendakian resmi atau bukan. Identifikasi oleh Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Sumbar di RSUD Achmad Mochtar diperlukan untuk memastikannya.

Total korban meninggal dunia hingga saat ini mencapai 23 orang.