Pencarian Korban Tambang Emas Longsor di Gorontalo Terhambat oleh Cuaca Hari Kelima

by -69 Views

Jumat, 12 Juli 2024 – 08:20 WIB

Bone Bolango – Pencarian korban tanah longsor pada hari kelima oleh tim SAR gabungan di area tambang emas rakyat di Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo terkendala cuaca.

Baca Juga :


Viral Mabuk Kecubung Tewaskan 2 Orang di Banjarmasin, Puluhan Orang Lainnya Dirawat di RSJ!

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo Ida Bagus Ngurah Asrama di Gorontalo, Kamis, 11 Juli 2024, mengatakan tim SAR belum bisa secara maksimal melakukan pencarian karena sebagian besar wilayah tersebut terus-menerus diguyur hujan.

“Hujan menjadi kendala utama rekan-rekan di lapangan, sehingga proses pencarian terhambat,” kata Ida Bagus.

Baca Juga :


Banyak Korban Berani Speak Up, Angka Kekerasan pada Perempuan Menurun

Proses evakuasi jenazah korban longsor yang terjadi di kawasan tambang rakyat Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Photo :

  • ANTARA/Zulkifli Polimengo

Ia menjelaskan, saat ini total keseluruhan korban yang sudah terdata berjumlah 190 orang, terdiri atas 23 orang meninggal dunia,144 selamat, dan masih dalam pencarian 23 orang.

Baca Juga :


Bupati Bone Bolango Imbau Warga Hentikan Aktivitas di Lokasi Tambang Longsor

Selain menyulitkan proses pencarian korban, cuaca hujan yang terus menerus mengguyur wilayah Kecamatan Suwawa Timur juga menghambat proses distribusi logistik.

“Cuaca buruk juga membuat helikopter yang akan mengangkut personel dari dan menuju lokasi operasi pencarian maupun untuk proses evakuasi tidak dapat dioperasikan,” ujar Ida Bagus.

Demikian pula dengan satu unit ekskavator milik perusahaan tambang setempat yang sudah ada di lokasi tidak bisa dioperasikan mengingat di sekitar lokasi pencarian masih diguyur hujan hingga adanya pergerakan tanah.

Personel Badan SAR Nasional (Basarnas) bersiap mengevakuasi korban tambang longsor di areal tambang emas rakyat Desa Tulabolo Timur, Suwawa Timur, Bone Bolango, Gorontalo, menggunakan helikopter bantuan dari Polri, Rabu, 10 Juli 2024.

“Untuk pendistribusian logistik dan personel hanya menggunakan angkutan sepeda motor,” kata dia.

Meskipun aktivitas pencarian korban belum bisa dilaksanakan, tim yang turun dari lokasi menuju ke Posko SAR utama tetap melakukan penyisiran di sepanjang jalur yang dilalui.

Rencananya, pada Jumat pagi, personel yang berada di lokasi tambang akan kembali melakukan pencarian korban. Demikian pula distribusi logistik dan personel tambahan menggunakan helikopter juga akan dilakukan dengan tetap mempertimbangkan faktor cuaca. (ant)

Halaman Selanjutnya

“Cuaca buruk juga membuat helikopter yang akan mengangkut personel dari dan menuju lokasi operasi pencarian maupun untuk proses evakuasi tidak dapat dioperasikan,” ujar Ida Bagus.

Halaman Selanjutnya