Kepala BNPT: Indonesia Harus Bebas dari Serangan Teroris Hingga Juni 2024, Tidak Boleh Lengah

by -36 Views

Jakarta – (VanusNews) Kepala BNPT RI Rycko Amelza Dahniel mengungkapkan, selama tahun 2023 hingga Juni 2024 ini, tidak ada satu pun serangan terorisme yang terjadi di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Rycko dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, pada Kamis (27/6/2024).

“Selama tahun 2023 hingga saat ini bulan Juni 2024, alhamdulillah tidak ada satupun aksi serangan terorisme di Indonesia atau yang biasa kita sebut zero terrorist attack,” kata Rycko di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta.

Rycko menyatakan, kondisi tersebut berkat penegakan hukum yang massif dan efektif yang dilakukan Densus 88 Polri dibantu TNI.

Selain itu, kondisi tersebut membuat indeks terorisme global atau Global Terrorism Index (GTI) Indonesia semakin membaik.

“Global Terrorism Index Indonesia juga semakin baik, dari posisi 24 di tahun 2023 menjadi posisi 31 tahun 2024,” ucap Rycko.

Meskipun demikian, Rycko meminta agar hal tersebut tidak membuat semua pihak lengah.

Sebab, jelas Rycko, dalam teori gunung es, peningkatan sel-sel terorisme bisa terjadi di balik kondisi yang baik tersebut.

“Kita tidak boleh lengah dan cepat berpuas diri. Dalam teori gunung es ini merupakan fenomena yang muncul di atas permukaan, sementara itu di bawah permukaan terjadi peningkatan konsolidasi sel-sel teror,” pungkas Rycko Amelza Dahniel. VN-DAN