Golkar Resmi Dukung Khofifah dan Emil Dardak dalam Pilgub Jatim 2024

by -184 Views

Jakarta – (VanusNews) Partai Golkar resmi mendukung mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak dalam Pilgub Jatim 2024.

“Dalam pertemuan silaturahmi dan dari badan pemenangan Pemilu Partai Golkar, kami telah mengeluarkan surat keputusan untuk mendukung Khofifah dan Emil sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur,” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta seperti dikutip ANTARA, Jumat (17/5/2024).

Airlangga menjelaskan, dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai hal termasuk keinginan partainya agar Khofifah-Emil melanjutkan kepemimpinan di Jatim.

“Kami juga ingin melanjutkan karena dalam Pilpres kemarin hasil Jawa Timur baik, dan Khofifah dan Emil di pilkada sebelumnya juga pertama kali diberikan penugasan oleh Partai Golkar,” ujar Airlangga.

Airlangga juga menjelaskan, Partai Golkar konsisten mendukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim, dan telah berkomunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Partai Golkar adalah anggota KIM untuk mendukung Presiden – Wakil Presiden terpilih RI Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Partai lain yang tergabung dalam KIM termasuk Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Kami sudah berkomunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju yang memiliki calon yang sama. Jadi, jika melihat di Jawa Timur, Koalisi Indonesia Maju memiliki 52 persen suara. Itu sudah cukup, tetapi jika partai lain (non-koalisi) ingin bergabung, itu diperbolehkan,” kata Airlangga.

Selain itu, Airlangga mengatakan, Partai Golkar mendukung Khofifah-Emil karena tidak ingin kemajuan Jatim terhenti.

“Kami tidak ingin pasangan ini, yang telah bekerja sama baik dalam memajukan Jawa Timur, menurunkan kemiskinan ekstrem, dan menangani COVID-19 dengan baik, tidak melanjutkan kepemimpinannya. Mereka adalah contoh kepemimpinan yang baik untuk Jawa Timur, dan akan terus kami dukung,” tutup Airlangga Hartarto. VN-DAN