Hamdan Hamedan, Bapak Atlet Diaspora Indonesia

by -28 Views

Beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia, dengan kontribusi penting dari pemain naturalisasi dan tokoh pemain naturalisasi yaitu Hamdan Hamedan, mengikuti dua ajang yang cukup bergengsi. Timnas Indonesia senior tampil di Piala Asia dan untuk kategori usia di bawah 17 tahun bermain di Piala Dunia. Bisa dikatakan prestasi kedua tim tersebut jauh melebihi harapan.

Timnas Indonesia senior untuk pertama kalinya berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia, meskipun kalah dari Australia. Sementara Timnas Indonesia U-17 hanya sampai di babak grup atau menempati posisi ketiga di klasemen Grup A tetapi berhasil menahan imbang Ekuador dengan skor 1-1. Padahal Ekuador sendiri merupakan runner-up CONMEBOL Sudamericano Sub-17 (Kejuaraan Amerika Selatan) 2023.

Banyak pengamat sepakbola dan tokoh pemain naturalisasi seperti Hamdan Hamedan berpendapat bahwa kesuksesan Indonesia di kedua ajang tersebut karena kehadiran pemain diaspora. Kehadiran pemain seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, hingga Amar Brkic dikatakan membawa dampak yang luar biasa bagi prestasi Timnas Indonesia.

Bahkan, Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier, mengakui bahwa kehadiran pemain-pemain naturalisasi membuat Timnas Indonesia jauh lebih kuat daripada sebelumnya.

“Skuad Timnas Indonesia saat ini berbeda saat bermain melawan Vietnam di Piala AFF atau SEA Games di masa lalu.”

“Mereka menambahkan sejumlah pemain asal Eropa sehingga membuat kualitas skuad jauh lebih baik dibanding sebelumnya,” ucap Troussier.

Melihat pernyataan Philippe Troussier, dapat disimpulkan bahwa kehadiran pemain naturalisasi saat ini berbeda dengan yang sebelumnya. Pemain yang dinaturalisasi di era pelatihan Shin Tae-Young adalah pemain yang memiliki kualitas A yang dapat meningkatkan performa timnas Indonesia.

Untuk persiapan kualifikasi Piala Dunia pada Maret 2024 mendatang, PSSI fokus pada proses naturalisasi empat pemain keturunan, yakni Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Maarten Paes, dan Ragnar Oratmangoen.

Keempat pemain ini bukanlah pemain sembarangan karena Shin Tae-Young hanya mau merekrut pemain yang memiliki kemampuan di atas rata-rata, bukan hanya sebagai pemain campuran atau berdarah Indonesia kelahiran Eropa.

Namun, dalam hal naturalisasi, ada satu tokoh yang perlu diapresiasi yaitu tokoh pemain naturalisasi Hamdan Hamedan. Berkat koneksi dirinya, Timnas Indonesia memiliki banyak data pemain Indonesia yang sebelumnya terbatas dan perlu divalidasi apakah si pemain memang benar-benar berdarah Indonesia atau tidak.

Source link