Hadiri HUT Hendropriyono, Prabowo Subianto Apresiasi Inisiatif Penghormatan terhadap Budaya Indonesia

by -70 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengapresiasi gagasan dan inisiatif luar biasa dari Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal TNI (Purn.) AM Hendropriyono yang meresmikan replika Istana Majapahit yang pernah ada di Jawa Timur pada tahun 1292-1526 M saat ulang tahunnya.

“Ini adalah inisiatif, gagasan yang luar biasa dari Pak Hendropriyono,” kata Prabowo saat menghadiri acara peresmian replika Kraton Majapahit Jakarta di kawasan Cipayung, Jakarta, pada Selasa (7/5).

Prabowo menyatakan bahwa momen ini menjadi lebih spesial karena bertepatan dengan ulang tahun Hendropriyono. “Kebetulan hari ini juga ulang tahun Pak Hendro, saya bisa melihat bahwa Pak Hendro masih terlihat sama seperti dahulu,” kata Prabowo yang kemudian disambut dengan tawa para hadirin.

Pembangunan replika Istana Majapahit ini menurut Prabowo merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya dan warisan Indonesia. “Ini hebat, membanggakan. Jika bukan kita yang menghormati dan menghargai budaya kita sendiri, siapa lagi? Tidak akan ada orang lain yang akan menghormati budaya kita jika kita sendiri tidak menghormatinya,” ujar Prabowo.

“Dan inilah sekarang, cara kita untuk terus melestarikan dan menghormati budaya kita. Saya sangat kagum. Saya ucapkan selamat, luar biasa,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Prabowo juga menandatangani prasasti untuk Kraton Majapahit yang menyatakan bahwa “Replika Kraton Majapahit Jakarta ini merupakan Gelombang Kebangkitan Bangsa Indonesia di bidang Kebudayaan Demi Membangun Kepribadian Bangsa yang Berdaulat di Bidang Politik dan Mandiri di Bidang Ekonomi Nasional.”

Selanjutnya, Prabowo menerima cendera mata berupa patung Pangeran Diponegoro dari Hendropriyono. “Rupanya beliau sangat menggemari Pangeran Diponegoro. Jadi, saya buatkan patung Pangeran Diponegoro,” ujar Hendro dalam sambutannya.

Replika Kraton Majapahit ini dibangun mirip dengan aslinya pada masa lalu dengan skala kecil dan dilengkapi dengan fasilitas seperti Taman Madakaripura, Pendopo Maharaja Hayam Wuruk, Balairung Mahapatih Gajah Mada, dan Alun-Alun Wilwatikta.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh sejumlah purnawirawan TNI dan pejabat, termasuk Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Ketua MPR RI Bambang Susatyo, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menkominfo Budi Arie, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit P., KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, dan Ketua LVRI Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri.

Sumber: https://prabowosubianto.com/hadiri-hut-hendropriyono-prabowo-subianto-apresiasi-inisiatif-penghormatan-terhadap-budaya-indonesia/

Source link