Prabowo Subianto Terima Menlu Tiongkok, Diberi Selamat sebagai Presiden Terpilih dengan Suara Terbanyak Sepanjang Sejarah

by -53 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan dan presiden terpilih, Prabowo Subianto, menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, pada Kamis (18/4).

Wang Yi beserta rombongan tiba sekitar pukul 10.58 WIB dan disambut oleh Prabowo di depan Gedung Kemhan. Keduanya saling bersalaman sebelum masuk ke dalam ruangan.

“Sangatlah menjadi kehormatan bagi saya hari ini menerima kedatangannya. Terima kasih atas sambutan yang luar biasa, saya juga telah menerima sambutan yang hangat di Beijing beberapa minggu yang lalu,” ujar Prabowo.

Sebelum bertemu Wang Yi di Jakarta, Prabowo juga bertemu dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping; Perdana Menteri Tiongkok, Li Qiang; dan Menteri Pertahanan Tiongkok, China Dong Jun, dalam kunjungan kehormatan di Beijing pada awal April 2024.

Pertemuan antara Prabowo dan Wang Yi berlangsung tertutup, di mana keduanya membahas sejumlah kerja sama dalam bidang pertahanan seperti pendidikan, latihan bersama, dan industri pertahanan.

Indonesia dan Tiongkok merupakan mitra dekat yang telah menjalin banyak kerja sama bilateral, terutama di bidang pertahanan sejak tahun 1970-an. Kerja sama pendidikan antara kedua negara masih berlanjut hingga saat ini, dengan sejumlah personel pertahanan Indonesia melakukan pendidikan di Tiongkok dan sebaliknya.

Selama pertemuan, Wang Yi menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Prabowo. Selain membicarakan hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok, Wang Yi juga memberikan selamat atas kemenangan Prabowo dalam Pilpres 2024.

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada Yang Mulia yang terpilih sebagai presiden Republik Indonesia dengan suara terbanyak dalam sejarah pemilu Indonesia,” kata Wang Yi.

Menlu Tiongkok juga menyatakan keyakinannya bahwa Prabowo akan mampu memimpin Indonesia menuju kemajuan dan kebangkitan bangsa.

“Saya yakin Yang Mulia akan berhasil dalam memimpin Indonesia menuju kemajuan dan membuka masa depan yang lebih gemilang di bawah kepemimpinan Yang Mulia,” tutur Wang Yi.

Source link