Gerindra: Menolak Mendukung Anies dalam Pilgub Jakarta karena Kami Memiliki Calon Kuat Sendiri

by -88 Views

Jakarta – (VanusNews) Meskipun tidak lagi menjadi Ibukota Republik Indonesia, namun Daerah Khusus (DK) Jakarta masih memiliki potensi dan daya tarik yang sangat besar. Banyak orang dan pihak yang masih mengincar posisi menjadi orang nomor 1 di daerah khusus ini, termasuk partai politik.

Menyikapi Pilkada 2024 yang akan digelar serentak pada bulan September mendatang, di mana DK Jakarta akan menggelar pemilihan gubernur, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan bahwa partainya sedang mengidentifikasi beberapa calon gubernur untuk Pilkada 2024.

“Kami sedang merumuskan beberapa nama calon gubernur Jakarta dan gubernur di provinsi lain untuk menemukan semangat baru dalam kepemimpinan di tingkat provinsi. Kami sedang berkomunikasi dengan beberapa partai politik di koalisi,” kata Muzani kepada para wartawan di Gedung Nusantara 3, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Muzani menyebut beberapa kriteria penting yang harus dimiliki oleh calon yang akan diusung Partai Gerindra sebagai Cagub DK Jakarta pada Pilkada 2024 mendatang.

“Calon harus memiliki visi ekonomi, kemampuan untuk berkomunikasi dengan semua kalangan, dan toleransi terhadap profesi dan kalangan yang berbeda,” ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

Menurut Muzani, kriteria tersebut penting karena DK Jakarta akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi nasional.

“Daerah ini akan tetap penting karena akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutur Muzani.

Muzani menyebut bahwa Partai Gerindra dan koalisi Prabowo-Gibran sedang berusaha mempersatukan para calon gubernur agar sukses di Pilkada 2024.

“Namun tidak mudah karena ada kompleksitas politik lokal yang harus diatasi. Kami sedang menjelajahi itu,” ungkap Muzani.

Muzani menegaskan bahwa Partai Gerindra tidak akan mengusung Anies Baswedan kembali sebagai cagub DK Jakarta seperti pada tahun 2017.

“Kami memiliki calon yang lain,” tegas Muzani tanpa menyebutkan nama calon tersebut.

Meskipun demikian, Legislator dari Dapil Lampung 1 ini memastikan bahwa calon yang akan diusung sebagai cagub DK Jakarta merupakan sosok muda dan segar.

“Kami menginginkan sosok yang segar. Masih dalam tahap pemilihan,” tutup Ahmad Muzani. VN-DAN