Pengabdian Prabowo Subianto di Pemerintahan

by -48 Views

Di tahun 2019, kebutuhan untuk memperkuat pertahanan Indonesia mendorong Prabowo untuk menerima undangan bergabung di Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Pertahanan. Di bawah kepemimpinan Prabowo, pembangunan pertahanan Indonesia mengalami percepatan yang signifikan. Sekarang, Indonesia memiliki komponen cadangan yang terlatih, industri pertahanan yang terkonsolidasi, peningkatan ekspor produk pertahanan, dan juga diplomasi pertahanan yang semakin kuat. Prabowo juga berfokus pada peningkatan kualitas sumber daya pertahanan Indonesia dengan memperbaiki pendidikan di Universitas Pertahanan (UNHAN) dan memberikan kesempatan lebih luas bagi putra-putri terbaik bangsa untuk berkuliah di sana.

Selain itu, Prabowo juga memberikan perhatian khusus pada SMA Taruna Nusantara (SMA TN) di Magelang dengan tujuan menjadikannya sebagai sekolah unggulan terbaik di Indonesia. Sebagai bagian dari sistem pertahanan semesta Indonesia, Prabowo juga merekrut dan membentuk komponen cadangan sesuai dengan UU 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia untuk pertama kalinya memiliki komponen cadangan yang siap dipanggil oleh negara saat diperlukan. Ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Prabowo cepat bertindak dengan meningkatkan kapasitas ruang rawat inap dan ruang ICU di Pusat Rehabilitasi Kemhan RS Dr. Suyoto, menyediakan obat-obatan, ventilator, dan APD.

Prabowo menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Pemerintah Singapura sebagai pengakuan atas jasanya yang luar biasa selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Kekuatan diplomasi pertahanan Indonesia juga terbukti dengan kesepakatan kerjasama pertahanan yang saling menguntungkan dengan negara-negara kunci seperti Prancis, Jepang, Australia, dan Singapura.

Prabowo juga aktif menjadi pembicara kunci di forum internasional dan berkoordinasi erat dengan Panglima TNI, parlemen, dan lembaga terkait dalam rencana pembangunan kekuatan pertahanan Indonesia untuk 25 tahun ke depan. Selain itu, Prabowo juga mendorong peningkatan industri pertahanan dalam negeri dan memiliki fokus pada pembentukan holding BUMN pertahanan.

Dalam upaya mendukung ketahanan air bersih dan infrastruktur kesehatan, Prabowo meresmikan bantuan air bersih di berbagai daerah dan meresmikan sejumlah rumah sakit. Semua upaya ini dilakukan dalam rangka menjaga kedaulatan dan keamanan Indonesia, serta untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit dan masyarakat umum.

Source link