Global Strategic Challenges: Rising Population

by -53 Views

Oleh: Prabowo Subianto [dikutip dari buku “Transformasi Strategis Bangsa: Menuju Indonesia Emas 2045”, halaman 49, edisi softcover keempat]

Dengan hampir 280 juta penduduk, Indonesia saat ini merupakan negara terpadat keempat di dunia. Namun, dengan tingkat pertumbuhan penduduk tahunan sebesar 1.1%, peringkat Indonesia akan segera terlampaui oleh Nigeria, yang diproyeksikan akan melampaui jumlah penduduk kita.

Pada tahun 2045, diperkirakan jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 324 juta, menandai peningkatan sebesar 44 juta orang dalam 20 tahun ke depan—hampir setara dengan menambahkan sebuah provinsi baru seukuran Jawa Barat.

Saat populasi global dan Indonesia terus tumbuh, produksi pangan perlu meningkat sebesar 56% untuk memenuhi kebutuhan populasi dunia yang diperkirakan mencapai 10 miliar pada tahun 2050. Memenuhi tuntutan ini akan memerlukan perluasan lahan pertanian dua kali lipat ukuran India. Memastikan keamanan pangan bagi semua orang akan menjadi tantangan yang besar.

Di tengah pertumbuhan populasi dan perubahan iklim, negara-negara akan semakin prioritaskan produksi pangan mereka sendiri. Hal ini meningkatkan urgensi bagi Indonesia untuk mencapai swasembada pangan.

Selain itu, kita juga harus menciptakan lapangan kerja, membangun sekolah, rumah sakit, dan fasilitas sanitasi, menyediakan perumahan, serta mengembangkan infrastruktur pendukung lainnya untuk memastikan bahwa semua penduduk Indonesia dapat hidup layak. Ini bukanlah tugas yang mudah.

Source link