Bamsoet Mengingatkan Pentingnya Kabinet Yang Diisi Oleh Figur Kompeten dan Berintegritas

by -36 Views

Jakarta – (VanusNews) Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan pentingnya kabinet pemerintahan 2024—2029 diisi oleh figur yang kompeten, berintegritas, dan loyal, baik yang berlatar belakang profesional maupun dari partai politik.

“Para pembantu presiden di masa depan harus siap untuk bekerja 24 jam sehari selama 365 hari dalam 5 tahun periode 2024—2029,” kata Bamsoet dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Jumat (12/4/2024).

Bamsoet juga menekankan bahwa anggota kabinet pemerintahan harus dapat mengawal dan melaksanakan kebijakan presiden terpilih dengan baik.

Selain itu, ia mendukung rencana untuk memisahkan beberapa kementerian, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Pembantu presiden di masa mendatang harus memiliki semangat baru, kerja kolektif baru, dan nomenklatur kementerian baru, dalam menghadapi tantangan yang baru namun masih mempertahankan kebijakan dari Kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin saat ini,” ujar Waketum Partai Golkar ini.

Bamsoet juga mengingatkan bahwa dunia saat ini dihadapkan pada tantangan perang dan bencana alam yang dapat mempengaruhi stabilitas di dalam negeri.

Maka dari itu, Bamsoet mengajak semua elemen bangsa untuk bersatu demi kepentingan bangsa dan negara.

“Apalagi, saat ini dunia sedang menghadapi ancaman depresi ekonomi yang pasti akan berdampak pada situasi pertahanan dan keamanan Indonesia. Setiap ketidakstabilan politik cenderung akan memperburuk kondisi ekonomi dan sosial di Indonesia,” tambah Bamsoet. VN-DAN