Menteri Luar Negeri Bersyukur atas Kesepakatan Gencatan Senjata antara Israel dan Hamas di Gaza

by -25 Views

Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bersyukur dengan tercapainya resolusi gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza oleh Dewan Keamanan (DK) PBB.

“Ini adalah perjuangan yang tidak mudah, jalan yang harus kita tempuh akan sangat berat dan akan tetap berat. Tadi saya sampaikan dalam pernyataan saya, Dewan Keamanan PBB akhirnya berhasil mengesahkan resolusi yang menguatkan gencatan senjata,” kata Retno.

Sejak hampir enam bulan perang Israel-Hamas pecah di Gaza, DK PBB akhirnya pada Senin (25/3/2024) waktu setempat, meloloskan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera dilakukan hingga akhir bulan suci Ramadan.

“Kita saat ini berada di 10 hari terakhir bulan Ramadan, kita terus mendorong agar gencatan senjata dapat dilaksanakan atau dimulai, sehingga saya sampaikan resolusi ini sebagai satu langkah maju namun kita masih menunggu implementasi dari resolusi tersebut untuk terwujudnya gencatan senjata dan distribusi bantuan kemanusiaan yang lancar dan baik,” ungkap Retno.

Retno menegaskan bahwa masyarakat Indonesia mendukung penuh pemerintah dalam membantu bangsa Palestina.

“Kami terus mencari segala cara untuk membantu dan Indonesia terus berkomitmen pada perjuangan bangsa Palestina, kami membutuhkan dukungan terus dari masyarakat Indonesia. Terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah banyak membantu perjuangan bangsa Palestina,” tutup Retno Marsudi. VN-DAN