Prabowo Terima Penganugerahan Jenderal Bintang 4 dari Presiden Jokowi

by -94 Views

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima penghargaan bintang jenderal 4 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diberikan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2).

“Penghargaan ini adalah bentuk pengakuan dan penghargaan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, bangsa, dan negara. Saya mengucapkan selamat kepada Jenderal Prabowo Subianto,” kata Jokowi.

Jokowi memberikan kenaikan pangkat secara khusus kepada Prabowo sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024.

Sesuai dengan Keputusan Presiden tersebut, penganugerahan pangkat istimewa TNI untuk Prabowo sesuai dengan Undang-undang yang berlaku saat ini, yaitu Undang-undang Nomor 20 tahun 2009. Dalam undang-undang tersebut diatur mengenai peningkatan pangkat atau kenaikan pangkat istimewa.

Sebelumnya, pada tahun 2022 Prabowo telah menerima empat tanda kehormatan bintang militer utama, yaitu Bintang Yudha Dharma Utama; Bintang Kartika Eka Paksi Utama; Bintang Jalasena Utama; dan Bintang Swa Buwana Paksa Utama.

“Ya, ini agar kita mengetahui bahwa pada tahun 2022, Bapak Prabowo Subianto telah menerima penghargaan bintang Yuda Dharma Utama atas kontribusinya di bidang pertahanan, yang memberikan kontribusi luar biasa bagi kemajuan TNI dan negara,” kata Jokowi.

Jika merujuk pada penganugerahan tanda kehormatan bintang militer utama tersebut, seharusnya penganugerahan pangkat istimewa ini dilakukan dua tahun lalu.

Jokowi juga menyatakan bahwa pemberian penghargaan tersebut telah melalui verifikasi Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Selain itu, pemberian penghargaan tersebut juga diusulkan oleh Panglima TNI sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009.

Karier dan Prestasi di Bidang Militer

Selama berkarier di bidang militer, Prabowo pernah menduduki sejumlah jabatan strategis, seperti Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus dan Panglima Kostrad (Pangkostrad).

Berbagai catatan prestasi juga sudah dicapai oleh Prabowo di bidang militer, salah satunya saat menjabat sebagai Danjen Kopassus dalam Operasi Mapenduma pada tahun 1996. Upaya Prabowo dan pasukannya saat itu berhasil membebaskan sandera dari Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Kontribusi Prabowo dalam mempromosikan namanya di dunia internasional terjadi pada tahun 1997 di mana dia adalah tokoh di balik ide brilian pengibaran bendera Merah Putih di puncak gunung tertinggi di dunia Everest. Prabowo menugaskan tugas tersebut kepada Serka (Purn) Asmujino dan Brigjen Iwan Setiawan.

Para pendaki menghadapi berbagai risiko hidup dan mati. Namun dengan semangat perjuangan dan tekad yang tinggi, Merah Putih akhirnya berhasil dikibarkan di puncak gunung tersebut. (SENOPATI)

Source link