Kaesang, Anak Presiden, Akan Menghadapi Tantangan Berat dalam Pilkada DKI Jakarta

by -53 Views

Jakarta – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berpotensi maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada serentak yang akan diadakan pada bulan November 2024 mendatang. Nama Ketua Umum PSI ini termasuk dalam survei calon Gubernur DKI Jakarta periode 2024-2029.

Seperti kakaknya, Gibran Rakabuming Raka yang sukses dalam Pilpres 2024 mendampingi Prabowo Subianto, putra bungsu dari Presiden Jokowi ini juga diprediksi memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilkada DKI Jakarta. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyatakan bahwa Kaesang Pangarep masuk dalam daftar survei sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Namun, apakah Kaesang memiliki peluang besar untuk menang dalam Pilkada dengan status sebagai anak Presiden? Menurut Burhanuddin, Pilkada DKI Jakarta memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan tersendiri. Tingkat pendidikan warga Jakarta rata-ratanya 5 kali lipat lebih baik dibandingkan nasional. Selain itu, tingkat pendapatan warga Jakarta juga jauh lebih baik, sehingga pemilih di Jakarta dikenal rasional dan kritis terhadap calon yang mereka pilih.

Burhanuddin juga menyebutkan bahwa saat ini popularitas Gibran sebagai Wali Kota Solo dan putra Presiden memang tinggi, namun elektabilitasnya rendah. Peningkatan popularitas di Jakarta juga tidak sulit dengan tiga alasan, yaitu warga Jakarta lebih well inform, letak geografisnya lebih mudah dijangkau melalui canvasing, dan warga DKI Jakarta cenderung terbuka terhadap informasi manapun.

Halaman selanjutnya: [Link Halaman Selanjutnya](https://www.viva.co.id/berita/politik/1691523-kaesang-anak-presiden-bakal-susah-menang-di-pilkada-dki-jakarta?page=2)