Solusi Paradoks Indonesia: Menuju 100 Tahun Indonesia Merdeka (Ini Potensi negara Kita)

by -62 Views

Potensi Negara Kita Menurut Prabowo Subianto

Saya tertarik dengan proses politik, karena menurut saya, hanya melalui politik kita dapat mengubah keadaan. Bagi saya, politik adalah tentang keinginan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat. Itulah arti yang positif dari politik, yaitu keinginan untuk meningkatkan kualitas hidup rakyat.

Meskipun kita menghadapi berbagai kesulitan, saya masih melihat adanya harapan bagi Indonesia. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat besar. Dengan pengelolaan yang tepat, kita dapat bangkit dengan cepat.

Salah satu potensi besar kita adalah sektor pangan dan agro industri. Pangan merupakan masalah yang sangat vital bagi sebuah bangsa. Kita bisa hidup tanpa gedung pencakar langit atau mobil, tetapi kita tidak bisa hidup tanpa pangan seperti beras, jagung, singkong, dan sebagainya.

Sebagai bangsa, kita harus memperlakukan sektor pangan ini secara strategis. Setiap pemimpin negara harus memandang pangan sebagai hal yang sangat penting. Saya selalu menganjurkan kepada pemerintah dan pihak yang berwenang untuk memberikan fokus yang lebih pada sektor pertanian, sehingga kita tidak tergantung pada impor pangan dan menghindari ketergantungan pada negara lain.

Indonesia memiliki lahan yang cukup luas, serta ekosistem dan iklim yang sangat mendukung untuk pertanian. Kita berada di zona tropis yang memungkinkan kita untuk panen tiga kali dalam setahun, berbeda dengan negara temperate yang hanya bisa panen satu kali karena adanya musim dingin yang panjang. Hal ini menjadi keunggulan besar bagi kita.

Sejak dulu, bangsa lain datang dan mengambil kekayaan alam kita, terutama dalam bentuk produk pertanian seperti rempah-rempah, karet, teh, dan kopi. Kita memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, dan kita harus mampu memanfaatkannya dengan baik.

Selain sektor pertanian, Indonesia juga memiliki pasar domestik yang besar. Dengan populasi sekitar 270 juta orang dan jumlah ‘kelas menengah’ sekitar 50 juta orang, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial. Hampir semua industri dapat berkembang dengan pesat hanya dengan menjual produk dan jasanya di pasar Indonesia.

Kita harus mampu bersaing dengan perusahaan asing yang masuk ke pasar Indonesia. Kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk asing. Kita telah melihat kemajuan dalam industri kita seperti sepeda, kapal laut, dan senjata buatan Indonesia yang mampu bersaing di pasar internasional.

Semua potensi ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kesempatan besar untuk berkembang. Kita harus mampu mengelola potensi-potensi ini dengan baik agar Indonesia dapat meraih kejayaannya.

Source link