5 Negara Yang Kaya di Dunia yang Kini Mengalami Kemunduran Keuangan

by -17 Views

Selasa, 13 Februari 2024 – 06:33 WIB

Jakarta – Banyak negara kaya karena memiliki cadangan sumber daya yang melimpah. Brunei Darussalam, misalnya, kaya raya dari minyak dan gas. Namun, ada juga Singapura, negara kecil tanpa sumber daya tapi berhasil jadi negara kaya dan hub ekonomi di Asia.

Kategori negara kaya atau miskin biasanya diukur dari pendapatan nasional bruto per kapita. Dan banyak negara yang saat ini masuk kategori miskin, menurut standar Bank Dunia, dulunya pernah kaya raya. Berikut adalah 5 negara miskin yang pernah kaya dilansir dari berbagai sumber:

Mali pernah dikenal sebagai negara kaya. Pada puncak kejayaannya pada tahun 1300, Kekaisaran Mali adalah negara terkaya di Afrika dan salah satu negara terkaya di dunia. Bahkan, aisarnya pada abad ke-14, Mansa Musa, yang diyakini sebagai salah satu orang terkaya dalam sejarah.

Mali pernah kaya karena memiliki cadangan emas dunia yang yang diperdagangkan dengan pedagang dari Mesir, Persia, Venesia, dan Genoa. Setelah kehancuran kerajaan abad ke 16, kekuatan dan kekayaannya berkurang dan belum pulih sejak itu. Saat ini, sebagian besar penduduknya bergantung pada pertanian musiman dan hidup sederhana. PBB memasukkan Mali pada daftar 47 negara dengan pembangunan tertinggal.