Pentingkan Persatuan, Pengamat Sebut Pernyataan Penutup Prabowo Dapat Rangkul Pemilih yang Ragu

by -84 Views

Jakarta – Pengamat politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, menilai calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, cenderung mengangkat persatuan dan kerukunan menjelang pilpres 2024 pada debat pamungkas yang diselenggarakan oleh KPU pada hari Minggu (4/2).

Arifki menyatakan bahwa hal tersebut terlihat dalam pernyataan penutup Prabowo yang meminta maaf kepada semua paslon jika selama kampanye terdapat kata-kata atau perbuatan yang kurang berkenan.

“Prabowo lebih menekankan narasi persatuan dan kerukunan, di mana Prabowo meminta maaf kepada semua paslon,” kata Arifki kepada wartawan pada hari Senin (5/2).

Menurutnya, Prabowo juga menunjukkan sikap yang ingin merangkul sekaligus memimpin seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang tidak memilihnya pada pemilu.

“Pada sisi lain, Prabowo juga ingin merangkul baik itu yang tidak memilihnya atau yang mendukungnya. Karena memang Prabowo mengakui bahwa tiga paslon tersebut merupakan putra terbaik bangsa dan debat telah berakhir,” jelasnya.

“Pesan persatuan dan kerukunan ini lebih penting karena pilpres hanya tinggal beberapa hari lagi. Ini adalah pesan yang ingin disampaikan oleh Prabowo,” tambah Arifki.

Pesan persatuan yang disampaikan Prabowo, kata Arifki, juga memiliki keuntungan secara elektoral bagi paslon Koalisi Indonesia Maju (KIM). Nilai persatuan yang digaungkannya juga berarti mengajak pemilih yang masih ragu-ragu dalam menjatuhkan pilihannya.

“Selain menunjukkan nilai persatuan, pada satu sisi Prabowo juga menjadi hal menarik ketika pesannya sampai pada pemilih 01 atau pun 03 yang mungkin masih ragu-ragu dengan narasi yang disampaikan oleh kandidat lain. Ketika pemilih ragu-ragu ini memilih jalur yang aman, secara elektoral akan menguntungkan bagi Prabowo,” ungkapnya. (SENOPATI)

Sumber: https://prabowosubianto.com/pentingkan-persatuan-pengamat-sebut-pernyataan-penutup-prabowo-dapat-rangkul-pemilih-yang-ragu/

Source link