Iwan Bule: Dari Kapolda Humanis ke Caleg DPR RI Jabar X

by -19 Views

Mochamad Iriawan alias Iwan Bule hadir dalam acara konsolidasi dan deklarasi dukungan untuk calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran di Ciamis, Sabtu 13 Januari 2024 yang diselenggarakan oleh Gerakan Ajengan Muda (GAM). Dokumen Iwan Bule.

Kariernya yang gemilang sebagai seorang polisi, Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Drs. H. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H., atau lebih dikenal dengan nama Iwan Bule, terus berlanjut setelah pensiun dengan terjun ke dunia politik.

Lulusan Akademi Kepolisian pada tahun 1984 ini maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) daerah pemilihan Jawa Barat Sepuluh.

Selama kariernya sebagai polisi, Iwan Bule menangani berbagai kasus penting, seperti pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen yang melibatkan banyak tokoh penting di Indonesia.

Iwan Bule juga pernah menjabat sebagai Kapolda, termasuk Kapolda NTB, Kapolda Jawa Barat, dan Kapolda Metro Jaya. Tiga jabatan penting tersebut menunjukkan keahlian Iwan Bule dalam menjaga keamanan di masyarakat.

Iwan Bule selalu melibatkan seluruh anggotanya dalam setiap keputusan dan aktivitas yang diinisiasi di institusi yang ia pimpin.

Dengan demikian, tidak heran banyak yang menyebut Iwan Bule sebagai sosok pemimpin yang sangat orientasi pada masyarakat.

Sikap yang ditunjukkan oleh Iwan Bule telah berhasil menunjukkan kemampuannya dalam memimpin dengan pendekatan orang-orang yang memberikan ruang bagi anak buahnya untuk mengembangkan diri secara maksimal.

Melalui interaksi pribadinya yang tulus dan pelayanan kepada konstituennya, Iwan Bule pada akhirnya berhasil memberikan contoh tentang bagaimana menjadi pemimpin humanis yang mampu membangun hubungan berdasarkan saling percaya dan penghargaan.

Sikap demikian menciptakan rasa kepercayaan dan kedekatan antara Iwan Bule dan rakyat, menjadikannya seorang pemimpin yang bersahaja dan terhubung dengan realitas masyarakat.

Kemampuan Iwan Bule dalam bergaul dengan berbagai kelompok masyarakat tersebut membuat dia mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat dan menjahit aspirasi-aspirasi tersebut ke dalam program-program yang membawa manfaat bagi masyarakat.

Dalam setiap tugasnya sebagai Kapolda, Iwan Bule selalu menunjukkan kepemimpinan yang efektif dan transparan. Keterbukaan dan transparansi yang ditunjukkan oleh Iwan Bule dapat dilihat melalui sikap fleksibelnya yang tanpa ragu menceritakan asal usulnya kepada siapa pun.

Di tengah tren di mana beberapa pemimpin enggan membuka cerita tentang kehidupan pribadinya, Iwan Bule memperlihatkan keterbukaan yang mencolok, terlihat dari beragam wawancara dan interaksi yang aktif dijalin dengan masyarakat.

Komitmen Iwan Bule terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat tercermin dalam program-programnya yang membawa manfaat nyata bagi masyarakat.

Dengan memahami dan menjawab aspirasi rakyat, Iwan Bule mampu mengarahkan kebijakan-kebijakan kepolisian menuju solusi yang sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat.

Melihat rekam jejaknya yang gemilang, kehadiran Iwan Bule di dunia politik sebagai calon anggota DPR RI akan memberikan kontribusi besar bagi pembangunan negara.

Kepercayaan masyarakat terhadapnya sebagai sosok yang dapat diandalkan, berpengalaman, dan memiliki kepemimpinan yang baik, menjadikannya kandidat yang layak untuk dipilih dalam pemilihan berikutnya.

Iwan Bule dapat menjadi penghubung yang efektif antara kebijakan pemerintah dan kebutuhan masyarakat, serta membawa nuansa kepemimpinan yang humanis dan inklusif ke dalam arena politik.

Source link