Ucapan Ulang Tahun Anies Baswedan untuk Megawati

by -41 Views

Selasa, 23 Januari 2024 – 17:57 WIB

Yogyakarta– Capres nomor urut satu Anies Baswedan turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang ke 77 tahun. Dia pun berharap agar Megawati terus bisa menjadi tiang kokoh yang terus menjaga konstitusi dan demokrasi di Indonesia.

“Semoga bu mega selalu sehat, dipanjangkan umurnya selalu dalam kebahagiaan, keberkahan, dan terus menjadi tiang kokoh tegar dalam menjaga konstutusi dan demokrasi kita,” ujar Anies kepada wartawan, Selasa 23 Januari 2024.

Anies menjelaskan bahwa Megawati itu merupakan sosok yang konsisten menjaga demokrasi. Sebab, bisa dilihat melalui rekam jejaknya.

Menurut Anies, Megawati merupakan sosok yang taat kepada aturan hukum hingga konstitusi saaat memenangkan pilpres di jamannya saat itu.

“Beliau rekam jejaknya menunjukkan sikap hormat pada aturan hukum, aturan konstitusi ketika memenangkan pilpres ketika bertugas sebagai presiden menjalankan pemilu netral, bahkan sebagai presiden, didalam pemilu itu beliau bukan jadi pemenang,” kata dia.

Anies juga menjelaskan bahwa Megawati merupakan sosok yang saat tidak menang dalam pilpres dan berada di jalur oposisi tetap tabah hingga akhirnya kembali masuk dalam jajaran pemerintah Indonesia.

“Jadi menurut saya, di hari ultah ini kita bisa ambil pelajaran dari ibu mega sebagai orang yang menjaga konstitusi, menjaga demokrasi, semoga panjang umur sehat selalu,” tutur Anies.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (PDIP), Hasto Kristiyanto memberi ucapan selamat ulang tahun ke-77 kepada Ketua Umumnya, yaitu Megawati Soekarnoputri. Pada kesempatan itu pula, PDIP membagi-bagikan tumpeng kepada masyarakat.

“Seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan dengan penuh syukur mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ibu Megawati Soekarnoputri,” ujar Hasto dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 23 Januari 2024.

Di hari ulang tahunnya, Megawati dibanjiri banyak pujian yang disampaikan melalui video. Mereka menyampaikan apresiasi dan keteguhan Megawati menjaga prinsip demokrasi.

“Sikap Ibu Mega dan PDI Perjuangan di dalam menolak perpanjangan jabatan dan masa jabatan 3 periode membawa konsekuensi dalam Pemilu 2024 ini, kokohnya Ibu Mega terhadap konstitusi itulah yang menjadikan Beliau tampil sebagai penjaga demokrasi,” ujar Hasto.

Hasto menyampaikan seluruh ucapan tersebut akan ditayangkan dalam channel Badan Kebudayaan Partai.

Hasto menyebut perayaan ulang tahun Presiden RI ke-5 itu dirayakan dengan sederhana yang diikuti keluarga dan sahabat terdekat. Ia juga mengatakan para kader meramaikan perayaan ulang tahun putri Soekarno itu dengan pelbagai kegiatan kebudayaan via daring. Salah satunya dengan pembagian tumpeng.

“Seluruh jajaran partai ikut bergembira dan ungkapan syukur dilakukan dengan membagi tumpeng untuk rakyat,” katanya.

Tak hanya itu, Hasto mengatakan kader PDIP di beberapa wilayah melakukan penghijauan sebagai bagian merawat Indonesia. Megawati yang merupakan Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia itu, kata Hasto, selalu merawat lingkungan dengan tradisi keseharian bertanam. “(Megawati) dikenal suka tanaman, selalu merawat lingkungan hidup,” kata dia.