Setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Caleg dan Simpatisan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Beralih Dukungan ke Pasangan Prabowo-Gibran

by -70 Views

Jakarta – Para calon anggota legislatif hingga para pendukung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengalihkan dukungannya ke Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024, menyusul keputusan PKB yang mengalihkan dukungannya. Meskipun PPP sebelumnya merupakan salah satu partai politik yang mendukung pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

Mereka menyerahkan dukungannya dengan mengunjungi Kebun Kebangsaan, tempat berkumpulnya relawan Prabowo-Gibran dari Santri Milenial Banten. “Para kader PPP dan relawan kami di masing-masing dapil di Kabupaten Serang, siap mendukung Santri Milenial Banten, bersumpah untuk memilih dan memenangkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran,” ujar Tuti Alawiyah, caleg PPP Kabupaten Serang, di Kebun Kebangsaan, Selasa, 23 Januari 2024.

Mereka juga akan mengubah foto di spanduk dan Alat Peraga Kampanye (APK) dari sebelumnya memuat gambar Ganjar-Mahfud, menjadi Prabowo-Gibran. “Iya, nanti ada (spanduk foto Prabowo-Gibran),” terangnya.

Damami, caleg DPRD Kabupaten Serang, juga mengakui bahwa dia sudah sejak 2014 dan 2019 menjadi pendukung Prabowo Subianto. Karenanya, meski kini maju sebagai caleg PPP di Kabupaten Serang, namun pilihannya tetap pada Prabowo Subianto. “Ini dari hati nurani kami, kalau sudah hati yang berbicara kan sudah yah. Kami siap dengan segala risiko yang ada. Belum (lapor ke DPC atau DPW PPP),” ujar Damami, di lokasi yang sama, Selasa, 23 Januari 2024.

Beralihnya dukungan caleg PPP dan sebelumnya PKB mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, diakui merupakan pilihan politik mereka dan tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun. Santri Milenial Banten, relawan Prabowo-Gibran juga tidak pernah mengajak atau memprovokasi caleg partai pendukung Anies-Cak Imin maupun Ganjar-Mahfud untuk mengalihkan dukungannya. “Untuk beralih pilihan capres cawapresnya kita tampung, dan kita tidak pernah meminta, tetapi justru mereka datang sendiri karena nurani. Untuk masyarakat, marilah kita satu putaran saja, kita peduli untuk menghemat anggaran negara,” ujar KH. Matin Syarkowi, Pembina Santri Milenial Banten, di lokasi yang sama, Selasa.

Berikut daftar Caleg PPP Kabupaten Serang yang memutuskan mendukung Prabowo-Gibran:
1) Tuti Alawiyah, Dapil 1, nomor urut 02
2) Rokib, Dapil 3, nomor urut 04
3) Damami, Dapil 4, nomor urut 2