Raden Panji Muhammad Nur – prabowo2024.net

by -22 Views

Sebuah Artikel Tentang Cak Noer

Tentang Bapak Mohammad Noer yang lebih dikenal dengan panggilan Cak Noer. Saya sebenarnya baru kenal setelah beliau pensiun. Sempat bertemu sebentar waktu beliau menjadi duta besar di Prancis, tetapi kemudian saya baru mempunyai kesempatan berbincang-bincang lebih mendalam sesudah beliau pensiun lama dan kembali ke Surabaya.

Sebagai tokoh Jawa Timur dan yang sangat dikenal dekat dengan rakyat. Saya waktu itu merasa perlu untuk diskusi bersama beliau. Waktu itu saya menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia. Mungkin karena beliau tahu bahwa saya juga sangat memperhatikan nasib pertanian dan petani di Indonesia. Beliau berkenan memenuhi undangan saya untuk memberi pengarahan dalam sebuah seminar yang diselenggarakan oleh HKTI di Surabaya. Sesudah itulah saya beberapa kali berbincang dengan beliau.

Banyak pandangan beliau tentang pembangunan perekonomian di pedesaan, dan juga ekonomi kerakyatan yang cocok dengan pendapat saya. Kami yakin bahwa Indonesia bisa berdiri di atas kaki sendiri, harus bisa swasembada pangan, dan kita harus memberi penghasilan yang lebih adil kepada para petani yang merupakan kelompok produsen yang vital bagi kemerdekaan suatu bangsa.

Dari banyak cerita-cerita beliau, ada bebarapa hal yang menarik bagi saya. Pertama, beliau cerita sering mengajak seluruh staf utama melakukan perjalanan dari desa ke desa. Beliau cerita, sering rapat gubernur di pendopo desa, kecamatan, dan kabupaten. Beliau katakan dalam sebulan, bisa dua hingga tiga minggu berada di luar ibu kota provinsi. Lebih sering berada di desa maupun di kecamatan. Dari situ beliau bisa melihat dan menangkap kesulitan-kesulitan yang dialami di pedesaan.

Sumber: https://prabowosubianto.com/raden-panji-muhammad-nur/

Source link