Ini 5 Negara Penghasil Senjata Terbesar di Dunia, Termasuk AS

by -185 Views

Kamis, 28 Desember 2023 – 05:05 WIB

Jakarta – Ada beberapa negara yang melakukan ekspor senjata besar-besaran, seperti Amerika Serikat. Negara tersebut memiliki teknologi senjata paling kuat.

Baca Juga :
Pesan Jokowi ke Maspion: Jangan Sampai Pasar Dalam Negeri Direbut Negara Lain

Selain itu, Amerika Serikat telah melakukan ekspor senjata besar-besaran ke Israel untuk melakukan tindakan penjajahan terhadap warga Palestina. Berikut beberapa negara dengan ekspor senjata terbesar di dunia, dilansir dari The Global Economy, Kamis, 28 Desember 2023.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara pertama yang melakukan ekspor senjata besar-besaran ke beberapa negara, termasuk Israel. Negeri papam itu telah melakukan ekspor senjata pada tahun 1960 hingga 2022 sudah menghasilkan 14,5 miliar dolar atau setara Rp223 triliun.

Baca Juga :
Sampai di Prancis, Koper Nagita Slavina Diduga Tertukar di Bandara

Seperti diketahui, Amerika Serikat juga merupakan negara dengan kekuatan militer paling kuat di dunia. Maka tidak heran jika beberapa negara sangat tertarik untuk membeli senjata yang dibuat oleh Amerika Serikat.

2. Prancis

Prancis menjadi negara kedua dengan ekspor senjata ke berbagai negara. Negara tersebut telah menghasilkan 3 miliar dolar atau setara Rp46 triliun sejak pertama kali melakukan ekspor pada tahun 1960 hingga 2022. Selain itu juga, Prancis memiliki kekuatan militer yang cukup ditakuti di dunia.

3. Rusia

Kini Rusia menempati urutan ketiga sebagai negara dengan ekspor senjata terbesar di dunia. Seperti halnya Amerika Serikat, Rusia juga memiliki peralatan tempur yang sangat canggih. Jadi tidak heran jika ada beberapa negara lain yang membeli perlengkapan perang di negara tersebut. Sejauh ini Rusia telah menghasilkan 2,8 miliar dolar atau setara Rp43 triliun sejak mulai ekspor pada tahun 1992.

4. China

Tidak kalah hebatnya, China juga memiliki perlengkapan canggih di dunia militer sehingga negara tersebut mampu mengekspor senjata dengan jumlah yang cukup besar hingga meraih keuntungan mencapai 2 miliar dolar atau setara Rp30 triliun.

5. Italia

Siapa sangka Italia masuk dalam daftar negara dengan pemasok senjata terbesar di dunia. Meskipun jarang ada informasi mengenai kekuatan militer Italia. Akan tetapi negara tersebut telah menghasilkan 1,8 miliar dolar atau Rp27 triliun.

Halaman Selanjutnya Source : AP Photo/Christophe Ena.