Penemuan Jasad Serial Killer dan Pembunuhan 4 Anak oleh Ayah mereka

by -30 Views

Sejumlah kasus pembunuhan terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sepanjang tahun 2023. Beberapa perkara di antaranya menjadi perhatian publik, seperti kasus pembunuhan berantai di Bekasi, Jawa Barat, seorang pemuda dianiaya hingga tewas oleh oknum aparat, seorang mahasiswa dibunuh oleh senior, pembunuhan empat anak oleh ayahnya sendiri. Selain kasus pembunuhan, ada juga kasus penemuan jasad keluarga dalam rumah yang sempat mengejutkan masyarakat, di antaranya kasus penemuan jasad ibu dan anak di Cinere, Depok.

WOWON ERAWAN

Salah satu kasus pembunuhan yang mencuri perhatian publik adalah kasus pembunuhan berantai di Bekasi. Sejumlah lima orang ditemukan tergeletak dengan mulut berbusa dalam kontrakan, di Kampung Ciketing Barat, Ciketing Udik, Bantargebang, Bekasi, pada Kamis, 12 Januari 2023. Mereka adalah Maemunah (40), Ridwan (20), Riswandi (16), NA (5), dan Solehudin alias Dede (35). Dalam kejadian itu, tiga orang tewas. Sementara NA dan Dede selamat. Pada awalnya, mereka diduga keracunan, namun setelah diselidiki polisi, ternyata mereka sengaja diracun. Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran menegaskan bahwa kasus tersebut merupakan pembunuhan berantai atau serial killer. Total ada sembilan korban kejahatan yang dilakukan oleh Wowon Erawan alias Aki (60), Solihin alias Duloh (63), dan Dede Solehudin (35).

KASUS MAHASISWA

Seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI), MNZ (19), ditemukan tewas dalam kondisi mengenaskan di daerah Beji, Depok pada Jumat, 4 Agustus 2023. Polisi menangkap AAB (23) yang diduga sebagai pelaku pembunuhan. Pelaku merupakan kakak tingkat korban. Wakasat Reskrim Polres Metro Depok, AKP Nirwan Pohan menduga alasan utama pelaku membunuh korban karena faktor ekonomi dan rasa iri dengan kondisi korban yang dinilai lebih sukses darinya.

KASUS IMAM MASYKUR

Seorang pemuda, Imam Masykur, meninggal dunia diduga setelah diculik dan dianiaya oleh tiga orang oknum anggota TNI AD di daerah Rempoa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan pada Sabtu, 12 Agustus 2023. Keluarga korban yang tidak mendapatkan kabar sempat membuat laporan orang hilang ke Polda Metro Jaya. Tiga orang pelaku berasal dari satuan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan satu orang dari satuan Direktorat Topografi TNI AD. Mereka dijatuhi sanksi pemecatan dari dinas militer.

KASUS JASAD IBU DAN ANAK

Warga sekitar Jalan Pesanggrahan, Cinere, Depok dikejutkan dengan penemuan jasad ibu dan anak yang tewas dalam kondisi mengenaskan di rumah mereka. Polisi tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada jasad Grace (64) dan David (38) tersebut sehingga penyelidikan dihentikan karena tidak ditemukan peristiwa pidana.

KASUS AYAH DAN ANAK DI KOJA

Ayah dan anaknya yang masih berusia dua tahun, ditemukan tewas di rumahnya di wilayah Koja, Jakarta Utara. Penyidik menyimpulkan kematian keduanya karena sakit, sehingga kasus itu dihentikan karena tak ditemukan adanya unsur pidana dari kematian keduanya.

KASUS PEMBUNUHAN 4 ANAK

Empat bocah dilaporkan tewas dalam satu kamar di rumah kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Rabu, 6 Desember 2023. Polisi menetapkan Panca Darmansyah, ayah anak-anak tersebut sebagai tersangka. Motif pelaku menghabisi nyawa keempat anaknya dilatarbelakangi rasa cemburu terhadap istrinya, D.

Kasus-kasus pembunuhan tersebut mencoreng keamanan dan keharmonisan masyarakat di wilayah Jabodetabek. Oleh karena itu, perlu adanya upaya penegakan hukum dan pencegahan agar kasus-kasus tersebut tidak terulang di masa yang akan datang.