Konflik di Papua: Penyanderaan dan Penundaan Pembebasan Pilot Susi Air

by -124 Views

Pada bulan Februari 2023, Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mahrtens diculik dan disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandara Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua pada 7 Februari 2023.

Sebelum disandera, Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mahrtens warga negara Selandia Baru itu terbang dari Timika tujuan Paro dengan pesawat Pilatus Porter PC6/PK-BVY membawa 5 penumpang dan barang bawaan dengan total muatan mencapai 452 kilogram. Pesawat tiba di Bandara Paro pada pukul 06.17 WIT bersama 5 penumpang. Setelah mendarat, KKB langsung mendatangi pesawat dan melakukan penahanan serta penyanderaan terhadap pilot. Kemudian KKB asal Nduga ini membakar pesawat Susi Air yang sedang berada di runway.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakiri membenarkan Pilot Susi Air berserta 5 penumpang pesawat disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata. Saat ini pilot dalam proses pencarian dan belum diketahui keberadaannya.

Pada saat ini, pihak aparat keamanan TNI-Polri dan pemerintah mencoba melakukan pembebasan terhadap pilot tersebut, namun belum berhasil sampai sekarang. Aparat TNI-Polri juga terus berupaya melakukan negosiasi dengan KKB Egianus Kogoya untuk membebaskan pilot tersebut.

Pangkogabwilham III Letjen TNI Ricard Tampubolon menegaskan bahwa aparat TNI-Polri dan pemerintah terus melakukan pendekatan dan negosiasi untuk membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip.

Penyanderaan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mahrtens adalah kejadian yang paling menjadi sorotan publik. Bahkan, kejadian ini juga banyak menyebabkan aparat TNI-Polri meninggal dunia dan mengalami luka-luka tembak akibat kontra tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua.