Anies Dilaporkan ke Bareskrim, Gibran Terkait Istilah SGIE dan Skandal Video Vulgar

by -131 Views

Jakarta – Laporan terhadap calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan ke Bareskrim Polri menjadi berita terpopuler di kanal berita VIVA.co.id. Anies dilaporkan atas dugaan penistaan agama karena penggunaan akronim ‘amin’.

Selain itu, berita mengenai debat calon wakil presiden (cawapres) yang digelar pada Jumat kemarin, 22 Desember juga menjadi perhatian masyarakat. Salah satunya adalah aksi cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka yang menggunakan istilah asing saat memberikan pertanyaan ke cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD.

Pemberitaan lainnya meliputi klarifikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran terkait video beredar di media sosial yang menarasikan capres Prabowo Subianto menarik kasar jas dari Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Semua berita terpopuler di atas sepanjang hari Sabtu, 23 Desember 2023 dapat anda baca ulang dalam round up berikut:

1. Anies Diadukan ke Bareskrim Atas Dugaan Penistaan Agama karena Pakai Akronim Amin
Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan diadukan ke Badan Reserse Kriminal Polri atas dugaan penistaan agama lantaran menggunakan akronim Amin dalam kampanye pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Pengaduan masyarakat (dumas) ini dibuat oleh kelompok bernama Forum Aktivis Dakwah Kampus Indonesia. Koordinator Forum Aktivis Dakwah Kampus Indonesia, Umar Segala, merasa pemakaian akronim tersebut termasuk dalam penistaan agama. Akronim Amin digunakan Anies bersama pasangannya, Muhaimin Iskandar.

2. Tiru Jokowi, Gibran Sukses Bikin Cak Imin dan Mahfud Kikuk
Dalam debat cawapres pada 22 Desember 2023, Gibran Rakabuming Raka menanyakan hal teknis, dan singkatan kepada cawapres lainnya. Gibran bertanya ke Mahfud MD, di mana pada pertanyaannya itu, dia menanyakan tentang regulasi carbon capture storage. Mahfud MD, cawapres nomor urut 3, memang tidak terang-terangan mengakui bahwa dia tidak tahu carbon capture storage itu.

3. TKN Buka Suara soal Prabowo Tarik Jaket Bahlil yang Dianggap Emosi
Video viral menunjukkan Prabowo terlihat seperti menarik kerah jas yang dikenakan Bahlil Lahadalia saat debat cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023. Awalnya, calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka sedang melaksanakan debat di atas panggung dan membahas soal isu tax ratio. Namun, dalam rekaman video tersebut, Prabowo tampaknya bertepuk tangan mendengar pemaparan Gibran. Setelahnya, Prabowo terlihat memanggil Menteri Investasi/BKPM itu, lalu menarik kerah jas yang dipakai Bahlil, kemudian membisikkan sesuatu.

4. Gunakan Istilah SGIE dan Carbon Capture, Gibran: Tidak Ada Kata Sulit, Itu Biasa di Investasi
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan bahwa pertanyaan yang dia ajukan pada rivalnya, seperti carbon capture and storage hingga SGIE (State of the Global Islamic Economy) dalam debat cawapres pada malam tadi, bukan istilah yang sulit. Menurutnya, istilah-istilah tersebut merupakan terminologi lazim di ranah investasi dan bukan istilah sulit.

5. Heboh, Skandal Video Vulgar di Beach Club Bali
Pemberitaan terkait skandal video vulgar di dua beach club populer di Bali juga mencuat belakangan ini. Kadis Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun mengatakan bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Bali sedang berkoordinasi dengan Polda Bali untuk menelusuri dan memastikan kebenaran dari pemberitaan tersebut.

Sumber: VIVA.co.id

Halaman Selanjutnya:
Artikel berita tersebut menjadi sorotan masyarakat karena menyoroti isu-isu penting terkait pilpres 2024 dan kejadian terkini di Bali. Semua informasi di atas disajikan dalam berbagai sumber dan beragam konteks yang memungkinkan pembaca untuk mendapatkan pengetahuan yang luas tentang situasi terkini.